ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MELAYANI KEGIATAN PRAKTIKUM DI MATTHAYOM SIRIWANWARI 2 SONGKHLA THAILAND


Galuh Prima Sabarina, 4201415026 (2021) ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MELAYANI KEGIATAN PRAKTIKUM DI MATTHAYOM SIRIWANWARI 2 SONGKHLA THAILAND. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MELAYANI KEGIATAN PRAKTIKUM DI MATTHAYOM SIRIWANWARI 2 SONGKHLA THAILAND] PDF (ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MELAYANI KEGIATAN PRAKTIKUM DI MATTHAYOM SIRIWANWARI 2 SONGKHLA THAILAND) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang lahir melalui proses ilmiah yang mempelajari alam secara sistematis, bukan hanya penguasaan fakta, konsep, dan prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Sejalan dengan hal tersebut maka keberadaan laboratorium fisika di sekolah memiliki peran cukup besar untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep fisika. Mengingat begitu pentingnya peran laboratorium dalam menunjang proses pembelajaran fisika, maka penting diadakan penelitian mengenai kesiapan laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan laboratorium dalam melayani kegiatan praktikum di Matthayom Siriwanwari 2 Songkhla Thailand. Penelitian ini berfokus mengkaji empat hal yaitu kesiapan sarana dan prasarana laboratorium, kesiapan sumber daya manusia dalam pengelolaan laboratorium, tingkat keterlaksanaan kegiatan laboratorium, dan keterampilan praktikum peserta didik. Data diperoleh melalui metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh nilai persentase kesiapan sarana dan prasarana laboratorium sebesar 73,41% yang tergolong dalam kategori baik. Presentase kesiapan sumber daya manusia diperoleh sebesar 72,22% yang termasuk dalam kategori baik. Tingkat keterlaksanaan laboratorium tergolong tinggi dengan persentase 80,37%. Dan keterampilan praktikum peserta didik dalam kategori baik dengan nilai persentase sebesar 78,55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laboratorium fisika Matthayom Siriwanwari 2 Songkhla dalam kondisi siap digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan, laboratorium, kegiatan praktikum
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:40
Last Modified: 08 Sep 2021 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45698

Actions (login required)

View Item View Item