ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PRODUKSI TEKSTIL PT. INTIGARMINDO PERSADA KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK PENGENDALI (P)


Haiza Maulana Arisa Putra, 4112317013 (2020) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PRODUKSI TEKSTIL PT. INTIGARMINDO PERSADA KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK PENGENDALI (P). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PRODUKSI TEKSTIL PT. INTIGARMINDO PERSADA KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK PENGENDALI (P)] PDF (ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PRODUKSI TEKSTIL PT. INTIGARMINDO PERSADA KABUPATEN PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK PENGENDALI (P)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian kualitas adalah suatu sistem dan kegiatan yang dilakukan untuk menjamin suatu tingkat atau standar kualitas mutu tertentu sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan mulai dari kualitas bahan, kualitas proses produksi, kualitas pengolahan barang setengah jadi dan barang jadi sampai standar pengiriman ke konsumen agar produk yang dihasilkan menjadi efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses produksi suatu produk pada perusahaan berada dalam keadaan terkontrol atau tidak. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode grafik pengendali proporsi (P-chart) dalam menganalisis proses produksi tekstil di PT. Intigarmindo Persada Kabupaten Pekalongan dan survei dengan teknik sampling non probablity yaitu quota sampling produk yang dijual produsen di pasar. Grafik pengendali p menyajikan keadaan produksi secara kronologi apakah suatu proses berada dalam pengendalian kualitas secara statistik. Proses produksi di PT. Intigarmindo Persada Kabupaten Pekalongan terdata pada Bulan Januari hingga Bulan Maret Tahun 2020. Metode ini dapat dibantu dengan penggunaan aplikasi SPSS. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan keadaan pengendalian kualitas produk dalam produsen dengan produk yang di jual oleh produsen. Dan kegunaan penlitian ini untuk pelaku produsen yang dapat menjaga dan menekan biaya produksi dalam pengendalian kualitas produksi dan pelaku konsumen untuk tidak dirugikan dalam membeli produk. Berdasarkan hasil analisis dari metode pengendalian kualitas statistik dengan grafik pengendali p didapatkan bahwa kegiatan produksi tiap harinya yang dilakukan PT. Intigarmindo Persada Kabupaten Pekalongan telah terkontrol, karena kegiatan produksi dengan tingkat kecacatan yang ada berada dalam batas pengendali atas maupun batas pengendali bawah. Sesuai dengan hasil analisis, produk-produk yang di jual ketika di survei tidak ditemukan produk-produk cacat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Produksi, Grafik Pengendali Proporsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:20
Last Modified: 08 Sep 2021 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45693

Actions (login required)

View Item View Item