IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) SEBAGAI UPAYA PENANGANAN KEMISKINAN (Studi pada Kelompok Usaha Bersama di Kelurahan Wonokriyo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen)


Enjelina Noviyanti, 3312416036 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) SEBAGAI UPAYA PENANGANAN KEMISKINAN (Studi pada Kelompok Usaha Bersama di Kelurahan Wonokriyo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI ENJELINA NOVIYANTI - Enjelina Noviyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penanganan kemiskinan merupakan kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan bersinergi terhadap orang, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang tidak mempunyai atau mempunyai sumber mata pencaharian dan tidak dapat memenuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat tidak tercapai. Salah satu strategi pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan yaitu dengan mengeluarkan program Kelompok Usaha Bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : (1) Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama sebagai upaya penanganan kemiskinan di Kelurahan Wonokriyo; serta (2) Kondisi ekonomi masyarakat penerima Program KUBE di Kelurahan Wonokriyo setelah Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer berupa wawancara, sedangkan data sekunder yaitu berupa laporan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses implementasi belum sepenuhnya berjalan dengan baik diakibatkan oleh proses sosialisasi yang tidak menyeluruh dilakukan kepada Keluarga Penerima Manfaat Program KUBE. Adanya keterbatasan dari segi kualitas sumber daya pelaksana program serta anggaran untuk melaksanakan setiap tahapan kegiatan program KUBE menjadi penyebab implementasi program KUBE belum berjalan dengan baik; (2) Kondisi ekonomi masyarakat penerima Program KUBE setelah Implementasi Program Kelompok Usaha Bersama, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan dan tabungan serta pemenuhan kebutuhan hidup anggota yang tergabung dalam KUBE. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu: (1) Penyampaian informasi program KUBE harus dilakukan secara menyeluruh kepada Keluarga Penerima Manfaat Program KUBE; (2) Proses pendampingan juga harus tetap berjalan secara intensif dan berkala; (3) Perlu adanya sinergitas dan komitmen yang kuat diantara para anggota KUBE dalam menjalankan usaha supaya usaha KUBE bisa tetap bertahan dan lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penanganan Kemiskinan, Kelompok Usaha Bersama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:14
Last Modified: 07 Sep 2021 09:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45680

Actions (login required)

View Item View Item