PENGARUH PELAYANAN, MOTIVASI ANGGOTA DAN HARGA JUAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT PERSUSUAN DI KUD MUSUK KABUPATEN BOYOLALI


Shintya Cincin, NIM 7101414314 (2021) PENGARUH PELAYANAN, MOTIVASI ANGGOTA DAN HARGA JUAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT PERSUSUAN DI KUD MUSUK KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PELAYANAN, MOTIVASI ANGGOTA DAN HARGA JUAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT PERSUSUAN DI KUD MUSUK KABUPATEN BOYOLALI] PDF (PENGARUH PELAYANAN, MOTIVASI ANGGOTA DAN HARGA JUAL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT PERSUSUAN DI KUD MUSUK KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Pelayanan, Motivasi Anggota, Harga Jual, Kepuasan Anggota Data yang ada menunjukkan bahwa jumlah anggota aktif hanya sekitar 6,19% dari keseluruhan anggota. Hasil observasi awal dengan beberapa anggota KUD Musuk membuktikan bahwa anggota kurang puas dengan koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan, motivasi anggota, dan harga jual terhadap kepuasan anggota unit persusuan di KUD Musuk Kabupaten Boyolali baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif koperasi unit persusuan di KUD Musuk yang berjumlah 637 anggota. Jumlah sampel sebanyak 246 anggota dengan rumus Slovin. Pembagian sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif kepuasan anggota dalam kategori cukup puas, pelayanan kategori cukup baik, motivasi anggota kategori cukup tinggi, dan harga jual kategori cukup setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelayanan, motivasi anggota, dan harga jual secara simultan terhadap kepuasan anggota koperasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Adjusted R Square sebesar 0,2660 (26,60%). Sedangkan secara parsial pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan r² sebesar 0,1452 (14,52%). Motivasi anggota berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan r² sebesar 0,0484 (4,84%). Harga jual berpengaruh dengan kepuasan anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 > 0,05 dan r² sebesar 0,0289 (2,89%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelayanan, motivasi anggota, dan harga jual terhadap kepuasan anggota unit persusuan di KUD Musuk Kabupaten Boyolali. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi koperasi diharapkan memperbaiki fasilitas sehingga menambah kenyamanan bertransaksi dan memberikan tingkat harga yang sesuai, bagi anggota koperasi diharapkan berperan aktif dalam kegiatan koperasi sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelayanan, Motivasi Anggota, Harga Jual, Kepuasan Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:06
Last Modified: 07 Sep 2021 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45678

Actions (login required)

View Item View Item