PENGARUH DIMENSI FRAUDTRIANGLE, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK DARUSSALAM SUBAH TAHUN AJARAN 2017/2018


Dwi Juliyanti, NIM 7101413396 (2020) PENGARUH DIMENSI FRAUDTRIANGLE, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK DARUSSALAM SUBAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DIMENSI FRAUDTRIANGLE, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK DARUSSALAM SUBAH TAHUN AJARAN 2017/2018] PDF (PENGARUH DIMENSI FRAUDTRIANGLE, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK DARUSSALAM SUBAH TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Kecurangan Akademik, Fraud Triangle,Self Efficacy, dan Penggunaan Teknologi Informasi. Perilaku kecurangan akademik yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan sengaja untuk memperoleh keuntungan sendiri dan merugikan orang lain dengan cara berbuat curang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fraud triangle, self efficacy, dan penggunaan teknologi informasi terhadap perilaku kecurangan akademik pada siswa kompetensi akuntansi di SMK Darussalam Subah tahun ajaran 2017/2018 baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X, XI, dan XII Program Keahlian Akuntansi SMK Darussalam Subah Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 84 peserta didik.Unit satuan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa. Metode analisis datayang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh positif dan signifikan tekanan terhadap kecurangan akademik, kesempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik,rasionalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik, self efficacyberpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan akademik, penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik. Kesimpulandari penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan penggunaan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik siswa serta self efficacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan akademik siswa. Saran yang dapat diberikan adalahketika guru memberikan tugas maka siswa dapat mulai mengerjakan tugas tersebut secara bertahap sehingga jika waktu pengumpulan tugas semua tugas sudah jadi atau selasai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kecurangan Akademik, Fraud Triangle,Self Efficacy, dan Penggunaan Teknologi Informasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:59
Last Modified: 07 Sep 2021 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45676

Actions (login required)

View Item View Item