PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU KERTEK WONOSOBO


Erlina Ulfa, NIM 7101413316 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU KERTEK WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU KERTEK WONOSOBO] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU KERTEK WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru. Guru merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan. Kinerja Guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan observasi di MTs Ma’arif NU Kertek Wonosobo. diperoleh beberapa permasalahan tentang kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MTs Ma’arif NU Kertek Wonosobo. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Ma’arif NU Kertek Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 guru dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi karena menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 8,438 + 0,232X1 + 0,315X2 + 0,187X3 + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MTs Ma’arif NU Kertek Wonosobo yaitu sebesar 86,2%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja guru secara parsial adalah kepemimpinan yaitu sebesar 29,16%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di MTs Ma’arif NU Kertek Wonosobo. Saran dari penelitian ini adalah 1) Kepala sekolah perlu meningkatkan kemampuan dalam berbagai pembaharuan sekolah, memberikan gagasan baru dalam kegiatan pembelajaran, serta membina dan mendorong guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, 2) Sekolah perlu meningkatkan keamanan dan kenyamanan guru di sekolah, menyediakan ruang istirahat bagi guru, serta memberikan pujian atau penghargaan bagi guru yang berprestasi, 3) Sekolah perlu meningkatkan kebersihan di lingkungan sekolah, menyediakan mushola atau ruang beribadah bagi warga sekolah, serta menciptakan suasana kerja yang kondusif agar kinerja guru meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:54
Last Modified: 07 Sep 2021 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45675

Actions (login required)

View Item View Item