PENGARUH MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PERILAKU KESEJARAHAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA GITA BAHARI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Dedi Setiyo Purnomo, 3101415021 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PERILAKU KESEJARAHAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA GITA BAHARI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi Dedi Full - Anyis _15.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kesejarahan siswa di sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran di sekolah. Jika siswa mempunyai perilaku yang sangat baik ketika pembelajaran sejarah berlangsung maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat perilaku kesejarahan yang masih rendah di sekolah tersebut, dalam hal ini yaitu di pengaruhi oleh motivasi pada guru dan pembelajaran sejarah yang mengarah kepada pembentukan perilaku. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetaui pengaruh motivasi terhadap perilaku kesejarahan siswa pada mata pelajaran sejarah SMA Gita Bahari Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sejarah terhadap perilaku kesejarahan siswa pada mata pelajaran sejarah SMA Gita Bahari Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pembelajaran sejarah terhadap perilaku kesejarahan siswa pada mata pelajaran sejarah SMA Gita Bahari Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis strategi penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Gita Bahari Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS, X IPA, XI IPS, dan XI IPA, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrument angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif motivasi terhadap perilaku kesejarahan siswa pada mata pelajaran sejarah sebesar 16,65 %. (2) Pembelajaran sejarah terhadap perilaku sesejarahan siswa terdapat pengaruh yang positif sebesar 26,83%. (3) Variabel bebas (motivasi dan pembelajaran sejarah) secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat (perilaku kesejarahan siswa) pada mata pelajaran SMA Gita Bahari Semarang sebesar 51,1%. Saran: 1) Peserta didik ketika guru memberikan motivasi dan pembelajaran sejarah (afektif) hendaknya dijadikan sebagi acuan dalam berperilaku di sekolah. (2) Guru diharapkan sebelum pembelajaran dimulai memberikan motivasi kepada siswa, sehinga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran sejarah dan juga ketika pembelajaran di kelas tidak fokus pada akademik melainan perilaku siswa juga lebih di tekanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Sejarah, Perilaku Kesejarahan Siswa
Subjects: Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:56
Last Modified: 07 Sep 2021 08:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45674

Actions (login required)

View Item View Item