PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA


Tri Suranti, 7101413204 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Wirausaha merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat pengangguran pada lulusan universitas. Namun berdasarkan hasil observasi, jumlah mahasiswa pendidikan ekonomi yang berwirausaha masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri, dan lingkungan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017/2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian 257 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017/2018 Universitas Negeri Semarang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 156 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Responden ditentukan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa intensi berwirausaha dalam kategori tinggi, lingkungan keluarga dalam kategori baik, efikasi diri dalam kategori tinggi, dan lingkungan teman sebaya dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, efikasi diri, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap intensi berwirausaha (57,3%). Secara parsial lingkungan keluarga berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (13,36%), efikasi diri berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (29,21%) sedangkan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (14,80%). Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri, dan lingkungan teman sebaya terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2017/2018 Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa sebaiknya dapat merealisasikan niat berwirausaha yang dimiliki dan mendukung mahasiswa wirausaha yang ada di lingkungan tempat tinggal atau kos dan kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Lingkungan Teman Sebaya, dan Intensi Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:37
Last Modified: 07 Sep 2021 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45669

Actions (login required)

View Item View Item