PENGEMBANGAN MEDIA BIOCAPUZ (BIOLOGY CARD PUZZLE) PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 12 SEMARANG


Nurliana, 4401413054 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BIOCAPUZ (BIOLOGY CARD PUZZLE) PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BIOCAPUZ (BIOLOGY CARD PUZZLE) PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 12 SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BIOCAPUZ (BIOLOGY CARD PUZZLE) PADA MATERI SEL DI SMA NEGERI 12 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media belajar dibuat untuk mendukung kegiatan pembelajaran supaya lebih efektif serta memudahkan mencapai tujuan pembelajaran. Sel merupakan salah satu materi pembelajaran yang bersifat abstrak sehingga memerlukan media visual untuk mempermudah siswa dalam memahami materi. Identifikasi kebutuhan berdasarkan observasi lapangan yaitu siswa dan guru membutuhkan media visual dalam pembelajaran materi sel yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media biocapuz (biology card puzzle) pada materi sel di SMA. Lokasi penelitian di SMA Negeri 12 Semarang. Jenis penelitian adalah RnD dengan desain uji coba menggunakan one shot case study. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, subjek penelitian adalah 12 siswa kelas XII IPA sebagai subjek Uji coba skala kecil, kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 untuk uji coba skala besar, Validasi media oleh dosen biologi UNNES dan guru biologi SMA Negeri 12 Semarang memperoleh hasil 91% (sangat layak) dengan aspek akurasi materi 90%, Kelayakan sebagai media pembelajaran 100%, tampilan media 84%. Tanggapan siswa pada Uji coba skala kecil memperoleh hasil 97% (Sangat baik), Tanggapan siswa pada uji skala besar memperoleh hasil 94% (sangat baik) dengan perolehan aspek tampilan media 95%, keterbacaan 97%, Kemudahan Penggunaan Media 96%, Manfaat Media 97%, dan respon siswa terhadap pembelajaran 94%. Angket tanggapan siswa mencapai skor ≥85% menunjukan bahwa media biocapuz yang dikembangkan layak digunakan sebagai media belajar materi sel kelas XI SMA.Hasil uji coba skala besar diperoleh 81% siswa kelas XI IPA 1 dan 83,3% siswa kelas XI IPA 2 hasil belajarnya mencapai kriteria sangat baik(≥85). Dengan demikian media biocapuz yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar materi sel kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media belajar, Biocapuz ( Biology Card Puzzle),
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:17
Last Modified: 07 Sep 2021 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45665

Actions (login required)

View Item View Item