KREATIVITAS GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 SEMARANG DAN MTs NEGERI 1 SEMARANG


Ananda Sekar Tunjung, 3601415026 (2021) KREATIVITAS GURU IPS DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 2 SEMARANG DAN MTs NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi Ananda Sekar Tunjung-dikonversi - Anandasekar Tunjung.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu harus bisa menggunakan media pembelajaran IPS dan dapat mengembangkan media pembelajaran IPS dengan kreativitas yang dimiliki agar pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media yang digunakan oleh guru IPS, pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS, dan evaluasi kebermanfaatan media pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran yang diguanakan oleh guru yaitu LCD, peta, globe, gambar, video, puzzle, mahkota naget dan couple card. Dalam penggunaan media guru IPS memperhatikaan kriteria pemilihan media yang akan digunakan dan prisnsip penggunaan media pembelajaran (2) kreativitas guru IPS dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui kolaborasi dengan teman sejawat, guru mengembangkan media mencari di internet, dan guru mengembangkan media dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan (3) evaluasi kebermanfaatan dengan media pembelajaran yaitu media dapat memperjelas materi, media menebabkan motivasi belajar anak meningkat, dan media dapat meningkatkan hubungan interaksi antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:10
Last Modified: 07 Sep 2021 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45663

Actions (login required)

View Item View Item