PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK


Nindy Novita Sari, 4301416049 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai peserta didik dalam menghadapi revolusi industri 4.0 pada abad 21. Sementara itu, penguasaan kemampuan pemecahan masalah masih rendah dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang melatih dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) S. Thiagarajan dengan model pengembangan 4D (define, design, development, disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design dan development). Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA 7 & XI MIPA 8 sebanyak 62 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, tes dan angket. Hasil validasi ahli LKPD memberikan respon sangat baik dengan skor rata-rata ahli materi sebesar 3,38 dan ahli media sebesar 3,6. Hasil analisis angket respon menunjukkan respon baik dengan skor rata-rata respon peserta didik sebesar 49,95. Hasil penerapan LKPD berbasis discovery learning diperoleh data berupa nilai pretest-postest yang diuji menggunakan uji paired t test dan uji n-gain. Hasil uji paired t test diperoleh sig. 0,00 < 0,05. Hasil uji n-gain diperoleh nilai n-gain 0,52 pada kategori sedang. Hasil kedua uji menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning hasil pengembangan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning hasil pengembangan layak digunakan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:07
Last Modified: 07 Sep 2021 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45662

Actions (login required)

View Item View Item