MODEL PENGEMBANGAN ALAT FBES (FLEXIBILITY, BALANCE, ENDURANCE, STRENGTH) UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


MUHAMMAD ILHAM RAMADHANI, 6101416091 (2020) MODEL PENGEMBANGAN ALAT FBES (FLEXIBILITY, BALANCE, ENDURANCE, STRENGTH) UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN ALAT FBES (FLEXIBILITY, BALANCE, ENDURANCE, STRENGTH) UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA] PDF (MODEL PENGEMBANGAN ALAT FBES (FLEXIBILITY, BALANCE, ENDURANCE, STRENGTH) UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan jasmani memiliki tujuh ruang lingkup salah satunya yaitu aktivitas pengembangan. Dalam aktivitas pengembangan terdapat aktivitas kebugaran jasmani. Pada aktivitas kebugaran jasmani masih terdapat masalah yaitu masih kurangnya sarana prasarana dan kurangnya modifikasi alat oleh para guru. Tidak adanya sarana prasarana dan modifikasi alat sehingga materi pembelajaran tidak optimal, siswa juga mengalami kejenuhan dalam melaksanakan pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. Tujuan dari penelitian ini memfasilitasi siswa dan guru dengan menciptakan produk alat FBES (Flexibility, Balance, Endurance, Strength) yang nantinya alat ini dapat bermanfaat dalam proses pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang menggunakan 10 tahap penelitian yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) validasi desain, 9) potensi dan masalah, dan 10) produk masal. Sampel penelitian merupakan siswa SMP Negeri di wilayah Ajibarang yaitu SMP N 1 Ajibarang, SMP N 2 Ajibarang, SMP N 3 Ajibarang. Jumlah sampel skala kecil 30 siswa dan jumlah sampel skala besar 90 orang. Evaluasi ahli yaitu 1 ahli penjas dan 2 ahli pembelajaran. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani melalui produk alat FBES (Flexibility, Balance, Endurance, Strength) untuk pendidikan jasmani yang telah divalidasi oleh ahli pembelajaran (guru) dan ahli pendidikan jasmani (dosen) serta telah dilakukan dalam uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil rata-rata dari validasi ahli (ahli penjas dan ahli pembelajaran) yaitu sebesar 72,3 %, hasil dari uji coba skala kecil yaitu sebesar 81,8 % dan hasil dari uji coba skala besar yaitu sebesar 93,4 %. Kajian prototipe produk dari penelitian ini yaitu produk alat FBES (Flexibility,Balance,Endurance,Strength) yang telah melalui beberapa kali uji coba dan revisi, maka dapat disimpulkan bahwa produk alat FBES ini dapat digunakan untuk pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah. Saran bagi guru yaitu dapat menggunakan produk alat ini sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan, Produk Alat FBES, Kebugaran Jasmani, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:14
Last Modified: 07 Sep 2021 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45658

Actions (login required)

View Item View Item