SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Fe(II) DENGAN LIGAN TURUNAN TRIAZOL SEBAGAI SENSOR ALKOHOL


Naily Nidhofatin, 4311416027 (2020) SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Fe(II) DENGAN LIGAN TURUNAN TRIAZOL SEBAGAI SENSOR ALKOHOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Fe(II) DENGAN LIGAN TURUNAN TRIAZOL SEBAGAI SENSOR ALKOHOL] PDF (SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Fe(II) DENGAN LIGAN TURUNAN TRIAZOL SEBAGAI SENSOR ALKOHOL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fe(II) merupakan logam transisi yang menarik sebab memiliki konfigurasi elektron terluar d6 sehingga dapat membentuk senyawa kompleks dengan sifat magnetik yang berbeda tergantung pada kekuatan medan ligannya. Perbedaan sifat magnetik pada suatu senyawa akibat perubahan spin disebut fenomena Spin Crossover. Fenomena ini dapat digunakan sebagai bahan sensor dengan penginderaan lebih dari satu parameter. Disisi lain, kasus minuman beralkohol telah menjadi permasalahan karena dampak negatifnya terhadap bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial. Telah dilakukan penelitian tentang sintesis dan karakterisasi senyawa Fe(II) dengan ligan turunan triazol sebagai sensor alkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan sifat magnet senyawa kompleks Fe(II) dengan ligan turunan triazol yang disintesis dengan metode difusi larutan serta mengetahui selektivitas, sensitivitas, serta kinerja sensor pada alkohol. Sintesis senyawa kompleks Fe(II) dengan ligan turunan triazol dilakukan dengan metode difusi larutan selama 3 jam dengan variasi ligan dan pelarut sedangkan pembuatan stik sensor alkohol dilakukan dengan metode sol gel. Karakterisasi MSB menunjukkan bahwa senyawa kompleks yang dihasilkan bersifat diamagnetik. Hasil karakterisasi menggunakan FTIR diketahui bahwa senyawa hasil sintesis memiliki perbedaan spektra. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan struktur kompleks [Fe(NH2trz)3]SO4 dalam pelarut aquades adalah polikristalin dengan bentuk kristal ortorombik dan struktur [Fe(Htrz)3]SO4 dalam pelarut aquades adalah amorf dengan bentuk kristal ortorombik. Hasil karakterisasi SAA diketahui bahwa dengan dilakukan proses sol gel maka luas permukaannya semakin besar. Uji termokromik menunjukkan bahwa hanya senyawa [Fe(NH2trz)3]SO4 dalam pelarut aquades yang dapat bersifat Spin Crossover. Uji selektivitas, sensitivitas, dan uji RGB menunjukkan hasil respons yang sangat baik untuk sensor [Fe(NH2trz)3]SO4 pada berbagai alkohol dan sampel minuman beralkohol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Triazol, Senyawa kompleks, Spin Crossover, alkohol
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:54
Last Modified: 07 Sep 2021 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45657

Actions (login required)

View Item View Item