EVALUASI PRESTASI ATLET GULAT PELATDA PROVINSI JAWA TENGAH


Kharisma Wati, 6101416089 (2020) EVALUASI PRESTASI ATLET GULAT PELATDA PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PRESTASI ATLET GULAT PELATDA PROVINSI JAWA TENGAH] PDF (EVALUASI PRESTASI ATLET GULAT PELATDA PROVINSI JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cabang olahraga gulat di Jawa Tengah mengalami penurunan presatasi pada beberapa tahun terakhir. Adanya evaluasi prestasi yang maksimal diharapkan dapat meningkatkan prestasi Gulat Jawa Tengah. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah evaluasi prestasi atlet gulat pada Pelatda Provinsi Jawa Tengah? Tujuan penelitian untuk mengetahui evaluasi prestasi atlet gulat pada Pelatda Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian Pelatda Gulat Jawa Tengah yang berada di Kota Semarang. Sasaran penelitian pengurus, pelatih, dan atlet. Metode pengambilan data menggunakan teknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa (1) dukungan finansial sudah sesuai namun untuk pengelolaan dan pendanaan belum efisien, (2) organisasi dan struktur kebijakan olahraga terpadu jelas keberadaannya, (3) pemassalan dan pembibitan sudah terlaksana dengan baik, (4) identifikasi dan pengembangan bakat sudah berjalan dengan baik, namun atlet senior kurang memiliki prestasi, (5) sistem penghargaan dan dukungan pada masa pasca karier sudah berjalan dengan baik namun untuk fasilitas BPJS belum maksimal, (6) infrastruktur olahraga: fasilitas latihan kurang lengkap dan beberapa masih menyewa, (7) penyediaan pelatih, pembinaan dan mutu training dalam rekrutmen pelatih sesuai rekomendasi pengcab dan bersertifikat, (8) kualitas kompetisi: standar nasional dan internasional masih dalam tahap pengajuan, (9) inovasi dalam pembinaan yaitu secara rutin melakukan tes fisik dan psikologis, dan (10) lingkungan media dan sponsorship sudah bekerjasama dengan beberapa media, baik media cetak maupun elektronik. Simpulan penelitian evaluasi prestasi atlet gulat Pelatda Provinsi Jawa Tengah pada pilar organisasi dan struktur kebijakan, pemasalan dan pembibitan, identifikasi dan pengembangan bakat, inovasi dalam pembinaan, dan lingkungan media dan sponsorship sudah baik, namun untuk pilar lainnya belum terlaksana secara maksimal. Saran perlu adanya evaluasi terstruktur, meningkatkan sarana dan prasarana untuk berlatih, memaksimalkan penghargaan dan dukungan bagi atlet yang berprestasi, dan menetapkan standar kompetisi baik nasional maupun internasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Prestasi, Olahraga Gulat
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:54
Last Modified: 07 Sep 2021 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45651

Actions (login required)

View Item View Item