AUTOMATIC SOLAR SYSTEM FLYING TRAP DENGAN IOT UNTUK PENGENDALIAN HAMA RAYAP KASTA REPRODUKTIF


Ryo Pambudi, 4611416087 (2021) AUTOMATIC SOLAR SYSTEM FLYING TRAP DENGAN IOT UNTUK PENGENDALIAN HAMA RAYAP KASTA REPRODUKTIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AUTOMATIC SOLAR SYSTEM FLYING TRAP DENGAN IOT UNTUK PENGENDALIAN HAMA RAYAP KASTA REPRODUKTIF] PDF (AUTOMATIC SOLAR SYSTEM FLYING TRAP DENGAN IOT UNTUK PENGENDALIAN HAMA RAYAP KASTA REPRODUKTIF) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rayap menyebabkan banyak kerusakan dengan menyerang kayu rumah penduduk. Rayap memakan komponen furnitur kayu, karpet dan kertas sehingga menimbulkan kerugian besar pada masyrakat. Pengendalian rayap pada saat ini masih menggunakan cairan kimia anti rayap yang berakibat dapat mencemari lingkungan, sehingga diperlukan upaya pengendalian rayap alternatif yang tidak berdampak mencemari lingkungan. Makalah ini mengusulkan perangkat portabel otomatis bertenaga surya dan berbasis IoT (flying trap) untuk menangkap rayap kasta reproduktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembuatan flying trap menggunakan cahaya bohlam dengan frekuensi 365 nm, sehingga rayap akan tertarik dan masuk terperangkap ke dalam tangki penyimpanan flying trap. Saat rayap terperangkap mati pada tangki penyimpanan terdeteksi oleh sensor ultrasonik pada nilai batas tertentu, relay memutus arus listrik pada bohlam sehingga cahaya lampu mati, kemudia servo akan membuka pintu penyimpanan tangki untuk membuang rayap yang mati. Sensor ultrasonik membaca nilai jarak 34 saat kapasitas penyimpanan kosong atau 0%, sedangkan nilai jarak 18 saat rayap terperangkap penuh 100%. Sistem kontol otomatis dibangun dengan mikroktroller NodeMCU ESP32 mengoptimalkan kinerja sensor, relay, servo dan terkoneksi wifi untuk merekam data ke database cloud dengan basis IoT. Flying trap menggunakan solar panel sebagai sumber tenaga listrik mandiri sehingga dapat diletakkan di posisi strategis untuk menagkap rayap. Sensor ultrasonik dapat mengukur nilai jarak secara akurat dan pemanfaatan IoT dapat merekam data kinerja flying trap. Hasil penelitian menunjukkan flying trap dapat berjalan secara otomatis dan ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flying trap, NodeMCU, IoT, Solar Panel.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:45
Last Modified: 07 Sep 2021 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45650

Actions (login required)

View Item View Item