MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENGELOLA ARSIP


Nuratikah, NIM. 7101413135 (2020) MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENGELOLA ARSIP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENGELOLA ARSIP] PDF (MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENGELOLA ARSIP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pelatihan, Pengalaman Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai Mengelola Arsip, Kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan, pengalaman kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai dalam mengelola arsip baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kompetensi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang pada tahun 2017 terlihat adanya penumpukan arsip inaktif di luar ruangan kerja pegawai, serta pengelolaan arsip yang belum dilakukan berdasarkan pedoman pengelolaan kearsipan karena tidak adanya arsiparis, sehingga perlu diteliti kinerja pegawai dalam mengelola arsip karena pengelolaan arsip akan memengaruhi pengambilan keputusan serta proses pelayanan terhadap pengguna jasa PDAM Tirta Moedal. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dalam bidang administrasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, jumlah responden sebanyak 105 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analyze dengan IBM SPSS versi 21, dimana variabel yang digunakan meliputi, pelatihan, pengalaman kerja, motivasi, kinerja pegawai dalam mengelola arsip serta kompetensi. Hasil penelitian menujukkan pengaruh antara pelatihan, pengalaman kerja dan motivasi terhadap kompetensi pegawai dengan masing-masing thitung -2,453, 5,885, dan 6,048. Serta terdapat pengaruh antara pelatihan, pengalaman kerja, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja pegawai dengan masing-masing thitung 2.156, 2,222, 4,113 dan 4,499. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan, pengalaman kerja dan motivasi merupakan variabel yang dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam mengelola arsip yang berdampak pada kinerja pegawai dalam mengelola arsip. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti berikan adalah PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam mengelola arsip terutama dengan mengutamakan pelatihan pengelolaan arsip kepada pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai dalam mengelola arsip.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengalaman Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai Mengelola Arsip, Kompetensi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:47
Last Modified: 07 Sep 2021 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45645

Actions (login required)

View Item View Item