IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA MELALUI METODE SPORT SEARCH PADA SISWA SMP NEGERI 1 LASEM KABUPATEN REMBANG


ANGGI GIOFANI, I 6101416077 (2020) IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA MELALUI METODE SPORT SEARCH PADA SISWA SMP NEGERI 1 LASEM KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA MELALUI METODE SPORT SEARCH PADA SISWA SMP NEGERI 1 LASEM KABUPATEN REMBANG] PDF (IDENTIFIKASI MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA MELALUI METODE SPORT SEARCH PADA SISWA SMP NEGERI 1 LASEM KABUPATEN REMBANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini memfokuskan pada pengidentifikasian minat dan bakat olahraga pada siswa SMP Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang terhadap cabang olahraga. Jenis penelitian ini Kuantitatif. Metode survei dengan tehnik tes. Desain penelitian mengunakan penelitian one-shot case study. Variabel penelitian minat dan bakat olahraga pada siswa SMP Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang dengan jumlah sampel sebanyak 156 siswa kelas VII dan VIII. Tehnik pengumpulan data dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan metode sport search. Hasil penelitian: Minat siswa kelas VII dan VIII 5,2% minat olahraga atletik, 18,9% minat olahraga voli, 6,5% minat olahraga pencak silat, 19% minat olahraga futsal, 23,7% minat olahraga renang, 0,6% minat olahraga badminton, 0,6% minat cabang tenis meja, 12,1% minat olahraga basket, 1,9% minat olahraga taekwondo, 0,6% minat olahraga wushu, 5,2% minat olahraga karate, 0,6% minat olahraga senam. Keberbakatan siswa: 22 siswa (14,1%) olahraga bola voli, 1 siswa (0,6%) olahraga bulutangkis, 2 siswa (1,4%) olahraga futsal, 3 siswa (1,9%) olahraga tenis meja, 9 siswa (5,8%) olahraga atletik, 1 siswa (0,6%) olahraga taekwondo. 1 siswa (0,6%) olahraga karate, 1 siswa (0,6%) olahraga basket. Hasil penelitian menggunakan metode Sport Search kesesuaian minat bakat siswa sejumlah 40 siswa 25,6% siswa minat bakatnya sesuai dan 116 siswa atau 74,4% siswa minat dan bakatnya tidak sesuai. Kesimpulan dan saran yang disampaikan adalah sebaiknya pihak sekolah baik guru olahraga maupun pembina olahraga memberikan perhatian lebih pada perkembangan bakat siswa serta mengarahkan dan memberikan fasilitas yang cukup, kemudian lebih aktif untuk mengarahkan untuk siswa yang berbakat yang nantinya diharapkan dapat berprestasi semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identifikasi minat, bakat, olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:44
Last Modified: 07 Sep 2021 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45639

Actions (login required)

View Item View Item