PENGARUH PEMBERIAN MEDIA KOMIK DIGITAL HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI SEKITAR LOKALISASI


Furqonawati, 6411416100 (2020) PENGARUH PEMBERIAN MEDIA KOMIK DIGITAL HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI SEKITAR LOKALISASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBERIAN MEDIA KOMIK DIGITAL HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI SEKITAR LOKALISASI] PDF (PENGARUH PEMBERIAN MEDIA KOMIK DIGITAL HIV/AIDS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI SEKITAR LOKALISASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Angka kematian atas kasus HIV/AIDS di Bunyuputih meningkat setiap tahunnya dari tahun 2016 – 2018, dari 10,08%, 10,3%, kemudian 13,6%. Hal tersebut tidak lepas dari kurangnya pengetahuan remaja tentang pencegahan HIV/AIDS, yang menyebabkan remaja tidak bisa membatasi perilaku berisiko, terlebih remaja di sekitar lokalisasi. Peneliti mengembangan media penyuluhan berupa komik digital tentang Pencegahan HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari komik digital Pencegahan HIV/AIDS tersebut. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest postest design dengan model pengembangan media Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah remaja di Desa Penundan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sejumlah 110 responden. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis menggunakan uji analisis nonparametic-test yaitu uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa median hasil pretest dan posttest pengetahuan dan sikap mengalami kenaikan yaitu dari 50,00 menjadi 78,50 untuk variabel pengetahuan dan 50,00 menjadi 70,00 untuk variabel sikap. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,000 (<0,05) untuk seluruh variabel. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh komik digital tentang pencegahan HIV/AIDS terhadap pengetahuan dan sikap remaja di Desa Penundan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, Komik Digital, R&D
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:25
Last Modified: 07 Sep 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45637

Actions (login required)

View Item View Item