IMPLEMENTASI PENGGUNAAN APLIKASI QUIPPER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021


SAHARA VERA RUVIDA, 3101416021 (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN APLIKASI QUIPPER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENGGUNAAN APLIKASI QUIPPER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021] PDF (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN APLIKASI QUIPPER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah sangat membantu guru dalam menggunakan media belajar melalui teknologi digital yang sudah tersedia di sekolah. Ketergantungan siswa terhadap gawai menjadikan kurang fokusnya siswa untuk mengikuti pembelajaran dan memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi penggunaan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang. (2) Untuk mengetahui hambatan dalam menggunakan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang. (3) Untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan menggunakan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi fenomenologi. Lokasi penelitian adalah SMAN 8 Semarang. Sumber data yang digunakan adalah informan guru sejarah dan siswa, aktivitas pembelajaran sejarah dan kajian dokumen perangkat pembelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data penyajian serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi penggunaan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang sudah berjalan cukup baik dari mulai tahun 2018 dan sangat efektif dijadikan sebagai media belajar yang dapat digunakan dalam kelas maupun di rumah. (2) Hambatan dalam menggunakan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang adalah tidak tersedianya soal isian dan uraian, kurang lengkapnya isi materi meskipun bacaannya panjang dan banyak, serta memerlukan kestabilan sinyal internet. (3) Upaya untuk mengatasi hambatan menggunakan Aplikasi Quipper dalam pembelajaran sejarah di SMAN 8 Semarang adalah dengan memaksimalkan layanan yang tersedia pada Aplikasi Quipper, menjelaskan pada siswa terkait isi materi yang kurang lengkap dan menstabilkan sinyal dengan menggunakan provider serta WiFi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Aplikasi Quipper, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:29
Last Modified: 07 Sep 2021 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45636

Actions (login required)

View Item View Item