PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BOOKLET DALAM MATERI HASIL KEBUDAYAAN HINDHU BUDDHA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 5 MAGELANG TAHUN 2020


Ella Doarty, 3101414033 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BOOKLET DALAM MATERI HASIL KEBUDAYAAN HINDHU BUDDHA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 5 MAGELANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414033 - ella doarty (sdh).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Doarty, Ella. 2020, Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Dalam Materi Hasil Kebudayaan Hindu/Buddha Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA N 5 Magelang Tahun 2020. Jurusan Sejarah FIS Unnes. Pembimbing Dr. YYFR. Sunarjan, M.S. dan Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Pd. Kata kunci: pengembangan bahan ajar, booklet, sejarah hasil kebudayaan Hindu/Buddha. Melalui observasi awal yang telah dilakukan peneliti di SMAN 5 Magelang menemukan bahwa pembelajaran sejarah dalam penyampaian materinya masih menggunakan ceramah dan media yang digunakan masih sangat minim hanya bersumber pada buku yang disediakan sekolah. Berkaitan dengan masih minimnya guru menggunakan media ajar yang efisien, kreatif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)mengetahui dan menganalisis kondisi bahan ajar sejarah (2)mengetahui desain awal dan desain akhir pengembangan bahan ajar berbentuk booklet dalam materi sejarah (3)mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk booklet. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg&Gall. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji coba lapangan/produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS yang diambil secara acak. Penelitian dilakukan di SMA N 5 Magelang. Pengumpulan data menggunakan angket. Instrument penelitian diperoleh dari hasil adopsi dan modifikasi beberapa penelitian sebelumnya. Teknin analisis data menggunakan deskriptif presentase. Bahan ajar berbentuk booklet yang dikembangkan telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran setelah mendapatkan penilaian baik dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan skor masing-masing sebesar 90,6% dan 96,4%. Hasil penilaian yang diberikan siswa tentang bahan ajar berbentuk booklet mendapatkan skor 90,5%. Bahan ajar berbentuk booklet materi hasil kebudayaan Hindu/Buddha mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari sejarah Hindu/Buddha, serta memberikan alternatif bahan ajar untuk pembelajaran sejarah di kelas. Berdasarkan simpulan diatas, saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah, (1) Siswa hendaknya membaca booklet pembelajaran tersebut dengan baik serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar tujuan pembelajaran bias tercapai (2) Guru hendaknya dapat menggunakan bahan ajar berbentuk booklet dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan bisa dinikmati tanpa mengesampingkan pokok materi yang disampaikan (3) Hendaknya sekolah memberikan kesempatan yang bertanggung jawab kepada guru untuk menentukan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif yang akan diterapkan di sekolah agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, booklet, sejarah hasil kebudayaan Hindu/Buddha.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > Historical Studies
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 05:55
Last Modified: 07 Sep 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45629

Actions (login required)

View Item View Item