IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS GANGGUAN KEHAMILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY EXPERT SYSTEM


Septyana Putri, 4611413002 (2020) IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS GANGGUAN KEHAMILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY EXPERT SYSTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS GANGGUAN KEHAMILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY EXPERT SYSTEM] PDF (IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS GANGGUAN KEHAMILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY EXPERT SYSTEM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, analisis suatu permasalahan yang semula dilakukan secara manual, sekarang sudah bisa dilakukan secara sistematis dengan komputerisasi. Proses analisis permasalahan bisa dilakukan oleh sebuah sistem komputer yang telah dimasukkan basis pengetahuan-pengetahuan dan seperangkat aturan dari pakar, yang dikenal dengan sistem pakar. Salah satu pemasalahan yang dapat diselesaikan oleh sistem pakar yaitu salah satunya untuk mendiagnosis gangguan kehamilan. Kehamilan merupakan fungsi normal dari tubuh dan bagian dari fase kehidupan wanita, pada tahap tersebut terdapat kehidupan baru dalam tubuh seorang ibu berupa janin yang akan tumbuh menjadi bayi. Fuzzy expert system adalah suatu sistem pakar yang menggunakan perhitungan fuzzy dalam mengolah knowledge untuk menghasilkan konsekuensi, premis dengan konklusi atau kondisi dengan akibat sehingga menghasilkan informasi yang memiliki keakuratan kepada end user atau pengguna. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara merancang sistem pakar dengan mengadopsi kepakaran dokter dengan metode fuzzy expert system. Data yang digunakan pada penelitan ini sebanyak 46 data, diperoleh dari rekam medis RSUD Tugurejo Kota Semarang. Variabel yang digunakan adalah gejala-gejala umum dan gangguan kehamilan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi fuzzy expert system pada sistem pakar untuk mendiagnosa gangguan kehamilan. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrogaman PHP framework Laravel dan database MySQL menggunakan metode waterfall, yaitu menganalisis kebutuhan user pada sistem, melakukan desain database, melakukan pengkodean dan menguji sistem apakah sudah sesuai apa yang diharapkan. Tingkat akurasi sistem yang dihasilkan dari skenario 26 data sebagai data latih dan 20 data sebagai data uji yaitu sebesar 95%. Adapun saran penelitian ini adalah metode Fuzzy Expert System direkomendasikan dalam mendiagnosa gangguan kehamilan, untuk peningkatan akurasi dapat ditambahkan algoritma lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem pakar, gangguan kehamilan, fuzzy expert system,
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:19
Last Modified: 07 Sep 2021 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45620

Actions (login required)

View Item View Item