PENGARUH KECEPATAN ALIRAN DAN LAJU ALIR PADATAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA PIPA DENGAN 2 ELBOW UNTUK SISTEM CRUDE OIL DAN PASIR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)


Tiara Vanda Astari, 5213414072 (2021) PENGARUH KECEPATAN ALIRAN DAN LAJU ALIR PADATAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA PIPA DENGAN 2 ELBOW UNTUK SISTEM CRUDE OIL DAN PASIR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECEPATAN ALIRAN DAN LAJU ALIR PADATAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA PIPA DENGAN 2 ELBOW UNTUK SISTEM CRUDE OIL DAN PASIR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)] PDF (PENGARUH KECEPATAN ALIRAN DAN LAJU ALIR PADATAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA PIPA DENGAN 2 ELBOW UNTUK SISTEM CRUDE OIL DAN PASIR BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korosi erosi merupakan suatu permasalahan yang terjadi pada industri khususnya pada proses industri yang melibatkan pengangkutan partikel padat dalam fase fluida. erosi harus diprediksi yakni erosi sendiri menjadi salah satu masalah penyebab kegagalan material, kebocoran pada equipment maupun sistem perpipaan yang ada di dunia industri yang nantinya apabila tidak diatasi dan hanya dibiarkan saja dapat mengganggu produktifitas. Oleh karena itu prediksi tentang erosi sangat penting dilakukan khususnya dalam memperkirakan umur alat dalam sistem perpipaan. Penyebab erosi salah satunya karena kecepatan aliran yang tinggi di elbow Erosi dalam elbow adalah proses yang kompleks dan tergantung pada banyak faktor seperti sifat fluida dan partikel, laju produksi cairan dan partikel yang dihasilkan, konsentrasi partikel, diameter elbow dan ukuran partikel. Untuk memprediksi permasalahan erosi tersebut menggunakan pemodelan CFD (Computational Fluid Dynamic) Hasil dari simulasi CFD menunjukkan bahwa pada kecepatan 4 m/s , 6 m/s dan 8 m/s menunjukkan hasil yang sama. Dimana solid loading 2% pada setiap kecepatan menghasilkan laju erosi yang paling tinggi dibandingkan dengan solid loading yang lain. Pada kecepatan 8 m/s memiliki kontur permukaan laju erosi paling besar dibandingan dengan kecepatan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Erosi, Elbow, CFD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:19
Last Modified: 07 Sep 2021 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45619

Actions (login required)

View Item View Item