ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN II KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020


Mayang Refamala, 6411416090 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN II KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN II KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020] PDF (ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM POSBINDU PTM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MASARAN II KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Cakupan pelayanan kesehatan pada usia produktif di Puskesmas Masaran II pada tahun 2019 sebesar 71,31% yang masih dibawah target yang telah ditentukan yaitu 100%. Cakupan peserta seluruh posbindu PTM di wilayah kerja Puskesmas Masaran II masih belum memenuhi target dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen yaitu 100 orang baru setiap bulannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program posbindu PTM di wilayah kerja Puskesmas Masaran II Kabupaten Sragen tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Penentuan narasumber dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Masaran II. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang terdiri dari 7 narasumber utama dan 4 narasumber triangulasi. Teknik pengambilan data melalui wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian dan analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui komunikasi belum merata, ada posbindu PTM yang belum memiliki kader, belum semua kader mengikuti pelatihan, dana masih kurang, fasilitas belum lengkap, SOP khusus posbindu PTM belum ada. Dapat disimpulkan bahwa implementasi program posbindu PTM di wilayah kerja Puskesmas Masaran II belum berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Posbindu, PTM
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:23
Last Modified: 07 Sep 2021 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45618

Actions (login required)

View Item View Item