IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG


Putri Suryaningsih, 3601416007 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM  PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG] PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

MTs Muhammadiyah Srumbung adalah sekolah yang kental dengan ajaran agama Islam. Pendidikan karakter disampaikan melalui kegiatan pembelajaran terutama pembelajaran IPS. Akan tetapi pada kenyataanya, peserta didik belum sepenuhnya menaati aturan, masih belum disiplin serta belum memiliki nilai-nilai karakter. Diharapkan dengan adanya pengintegrasian antara pembelajaran IPS dengan pendidikan karakter peserta didik dapat memiliki karakter yang baik, akademik maupun keterampilanya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS; (2) Respon peserta didik dengan adanya implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS; (3) faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualiatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi. wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, kepala sekolah dan peserta didik kelas VIII. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui budaya kelas pada tahap perencanaan, pelaksanaan/ proses pembelajaran, dan evaluasi; dan budaya lingkungan sekolah (2) respon peserta didik terhadap adanya implementasi pendidikan karakter yang diterima cukup positif; (3) faktor penghambat dan pendukung adanya implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:24
Last Modified: 07 Sep 2021 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45616

Actions (login required)

View Item View Item