TINGKAT KECEMASAN ATLET PPLOP JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERTANDINGAN CABANG OLAHRAGA BELADIRI


Pradesta Ayu Krismonita, 6101416053 (2020) TINGKAT KECEMASAN ATLET PPLOP JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERTANDINGAN CABANG OLAHRAGA BELADIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT KECEMASAN ATLET PPLOP JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERTANDINGAN CABANG OLAHRAGA BELADIRI] PDF (TINGKAT KECEMASAN ATLET PPLOP JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERTANDINGAN CABANG OLAHRAGA BELADIRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Atlet PPLOP Jawa Tengah cabang olahraga beladiri pencak silat, karate, taekwondo, anggar, tinju, gulat, dan judo dalam menghadapi pertandingan merasa tertekan karena adanya tekanan dari pembina dan pelatih untuk mendapatkan kemenangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan atlet PPLOP Jawa Tengah cabang olahraga beladiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel yang diambil dari penelitian ini yaitu (Pencak Silat berjumlah 9 atlet, Karate 9 atlet, Taekwondo 12 atlet, Anggar 7 atlet, Tinju 6 atlet, Gulat 10 atlet dan Judo 5 atlet). Instrumen penelitian menggunakan alat ukur kecemasan olahraga dengan Pengembangan Alat Ukur Kecemasan Olahraga dengan mengikuti teori Costin (1989) mengemukakan bahwa kecemasan mempengaruhi aspek kepribadian individu dan bersifat kognitif, afektif, somatic, dan motorik. Analisis data menggunakan Anova. Hasil penelitian untuk beladiri pencak silat rata-rata skor kecemasan 73, karate rata-rata skor kecemasan 74, taekwondo rata-rata skor kecemasan 70, anggar rata-rata skor kecemasan 69, tinju rata-rata skor kecemasan 68, gulat rata-rata skor kecemasan 73, dan judo rata-rata skor kecemasan 75. Hasil uji anova didapatkan nilai sig 0.670 > 0.05 sehingga didapatkan kesimpulan bahwa H0 diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah tidak ada perbedaan kecemasan atlet beladiri antara jenis beladiri di PPLOP di Jawa Tengah. Simpulan dari penelitian yaitu 1) Profil kecemasan atlet cabang olahraga beladiri di PPLOP Jawa Tengah berada pada kategori tinggi. 2) Tidak ada perbedaan profil kecemasan antara cabang olahraga beladiri di PPLOP Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Atlet PPLOP Jawa Tengah, Cabang Olahraga Beladiri. Tingkat Kecemasan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:13
Last Modified: 07 Sep 2021 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45614

Actions (login required)

View Item View Item