HUBUNGAN PERSEPSI IBU DI PEDESAAN DENGAN POLA ASUH PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungtuban Kabupaten Blora)


Rosalia Indah, 6411416073 (2020) HUBUNGAN PERSEPSI IBU DI PEDESAAN DENGAN POLA ASUH PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungtuban Kabupaten Blora). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PERSEPSI IBU DI PEDESAAN DENGAN POLA ASUH PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungtuban Kabupaten Blora)] PDF (HUBUNGAN PERSEPSI IBU DI PEDESAAN DENGAN POLA ASUH PEMBERIAN MAKAN PADA BALITA STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungtuban Kabupaten Blora)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas Kedungtuban menjadi puskesmas dengan angka stunting tertinggi di Kabupaten Blora tahun 2019. Wilayah kerja Puskesmas Kedungtuban terdiri dari 10 desa dengan jumlah balita stunting usia 24-59 bulan pada tahun 2019 sebanyak 403 (17,2%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi ibu di pedesaan dengan pola asuh pemberian makan pada balita stunting. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 54, diambil dari 10 desa dengan teknik proportionate simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square (α=0,05). Hasil menunjukan bahwa persepsi kerentanan (RP=1,5; 95% CI= 1,1-2,2), persepsi keseriusan (RP=1,5; 95% CI= 1-2,3), persepsi hambatan pencegahan (RP=1,5; 95% CI= 1-2,3) berhubungan dengan pola asuh pemberian makan pada balita stunting. Perlu adanya upaya dalam memperluas informasi terkait stunting untuk memperbaiki persepsi masyarakat sehingga terbentuk pola asuh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Pola asuh, Persepsi
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:22
Last Modified: 07 Sep 2021 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45601

Actions (login required)

View Item View Item