PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MATERI MELISANKAN PUISI PRIBADI UNTUK SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01


Tika Wulandari, 1401416420 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MATERI MELISANKAN PUISI PRIBADI UNTUK SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MATERI MELISANKAN PUISI PRIBADI UNTUK SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MATERI MELISANKAN PUISI PRIBADI UNTUK SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas IV SD untuk melisankan puisi. Hal ini terjadi karena media yang tersedia di sekolah masih kurang mendukung pembelajaran melisankan puisi. Selain itu tingkat kepercayaan diri siswa kurang, guru masih monoton dalam menyampaikan materi sehingga membuat siswa kurang aktif dalam melisankan puisi pribadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet melisankan puisi pribadi untuk siswa kelas IV SD, yaitu (1) mendeskripskan desain media booklet; (2) menguji kelayakan media booklet; dan (3) menguji keefektifan media booklet. Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-Gain). Hasil uji kelayakan booklet melisankan puisi yaitu dari ahli media mendapatkan presentase 93,45% dan penilaian ahli materi mendapatkan presentase 91,6%. Hasil uji keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata keterampilan melisankan puisi pribadi siswa sebelum mendapat perlakuan (pretest) yaitu 63 dan setelah mendapat perlakuan (posttest) yaitu 84. Persentase peningkatan hasil unjuk kerja melisankan puisi yaitu sebesar 65%. Booklet juga efektif digunakan sebagai media penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia materi melisankan puisi pribadi, dilihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar 11,35 lebih besar dari ttabel sebesar 1,697. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,552 dengan kriteria sedang mendukung keefektifan media booklet. Simpulan penelitian ini adalah media booklet sangat layak digunakan dalam pembeajaran dan efektif meningkatkan keterampilan siswa melisankan puisi pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet, melisankan puisi pribadi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:12
Last Modified: 07 Sep 2021 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45600

Actions (login required)

View Item View Item