STUDI KELAYAKAN SISTER SCHOOL DALAM MENGHADAPI POTENSI BENCANA VOLCANO DI LERENG GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA


Maftukhah, 6411416064 (2020) STUDI KELAYAKAN SISTER SCHOOL DALAM MENGHADAPI POTENSI BENCANA VOLCANO DI LERENG GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KELAYAKAN SISTER SCHOOL DALAM MENGHADAPI POTENSI BENCANA VOLCANO DI LERENG GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA] PDF (STUDI KELAYAKAN SISTER SCHOOL DALAM MENGHADAPI POTENSI BENCANA VOLCANO DI LERENG GUNUNG MERAPI YOGYAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah bencana volcano sejak tahun 2014-2019 di Indinesia adalah 86 kejadian yang mengakibatkan 33 orang meninggal dan hilang, 1.497 orang luka-luka, dan 411.955 orang mengungsi. Bencana ini juga menyebabkan 12.411 rumah rusak berat, 5.430 rumah rusak ringan, serta merusak 9 unit bangunan kesehatan, 37 unit fasilitas peribadatan, dan 251 unit fasilitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan Sister School (Sekolah Paseduluran) dalam menghadapi potensi bencana volcano di lereng Gunung Merapi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi evaluatif. Subyek penelitian ini yaitu Kasi Mitigasi Bencana BPBD Sleman, Kepala SD N Glagaharjo dan Kepala SD N Bronggang kemudian dilanjutkan dengan teknik snowball sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar checklist dan panduan wawancara. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa implementasi indikator-indikator Sister School SD N Glagaharjo adalah (AS=72.2%; ATS=22.2%; TA=5.6%), Sedangkan implementasi indikator-indikator Sister School di SD N Bronggang adalah (AS=66.7%; ATS=27.7%; TA=5.6%) Saran bagi Dinas Pendidikan adalah pengintegrasian materi PRB ke dalam kurikulum sekolah, semerntara bagi sekolah yaitu mengikutsertakan siswa dalam tim siaga sekolah, serta melakukan evaluasi PRB yang telah berjalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bencana, Gunung Merapi, Sister School
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:13
Last Modified: 07 Sep 2021 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45599

Actions (login required)

View Item View Item