KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PELANGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA
Fitria Ayu Hermawati, 1401416061 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PELANGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PELANGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS KECAMATAN SEMARANG UTARA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Kecamatan Semarang Utara didapat bahwa hasil belajar Matematika kurang maksimal dikarenakan model yang digunakan guru belum optimal, pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi dibimbing oleh guru, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan model quantum teaching, karena model tersebut memungkinkan siswa untuk terlibat aktif suasana pembelajaran yang lebih menarik dan menggairahkann serta memberi pengalaman belajar yang bermakna, terkhusus pengajaran yang menggunakan interaksi yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran quantum teaching berbantuan papan pelangi terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Semarang Utara dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Kuningan 04 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Kuningan 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes berupa hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan nontes berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji perbedaan) hasil belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa thitung>ttabel adalah (2,128 > 2,037). Hal ini menjelaskan terdapat perbedaan antara hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan model student team achivement division. Berarti model pembelajaran quantum teaching berbantuan papan pelangi lebih efektif terhadap hasil belajar Matematika. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,481 termasuk dalam kriteria sedang sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,734 termasuk dalam kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif digunakan pada pembelajaran Matematika dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan Quantum Teaching sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efekif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; keefektifan; matematika; quantum teaching |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 02:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 02:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45596 |
Actions (login required)
View Item |