DESAIN DAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA CLUB HEAD GOLF TIPE IRON NO 9


David Abadillah, 5212416028 (2020) DESAIN DAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA CLUB HEAD GOLF TIPE IRON NO 9. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN DAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA CLUB HEAD GOLF TIPE IRON NO 9] PDF (DESAIN DAN SIMULASI METODE ELEMEN HINGGA CLUB HEAD GOLF TIPE IRON NO 9) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Golf adalah olahraga yang mempunyai berbagai kegunaan seperti bisnis, relasi, dan edukasi. komponen peralatan golf yang sangat penting untuk mendekatkan bola kelubang golf adalah club head tipe iron dan club head tipe iron yang sudah ada saat ini masih menggunakan insert sehingga cara pembuatanya rumit sehingga perlu adanya pengembangan untuk membuat iron tanpa menggunakan insert. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain club head tipe iron no 9 tanpa menggunakan insert. Perancangan club head tipe iron no 9 ini menggunakan model perancangan French dan melakukan simulasi metode elemen hingga. Penulis membuat 3 desain dan memvariasikan tiap desain dengan 3 material yaitu stainless steel 304, stainless steel 434 dan Ti-6Al-4V. Penulis mengasumsikan gaya yang digunakan adalah gaya (F) bola yang mengenai impact area pada tiap desain yaitu sebesar 273,612N. Hasil simulasi menunjukan nilai von misses stress, deformasi dan safety factor dari 3 dengan dengan variasi material stainless steel 304, stainless steel 434 dan Ti-6Al-4V. Hasilnya, melalui beberapa pertimbangan seperti kekuatan material dan keekonomisan biaya, desain yang terpilih adalah desain 3 menggunakan variasi material stainless steel 304. Luaran dari penelitian ini adalah desain club head tipe iron no 9 dan bill of material.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, iron golf no 9, French, Inventor, ANSYS.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:55
Last Modified: 07 Sep 2021 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45590

Actions (login required)

View Item View Item