PRODUKSI DAN KARAKTERISASI BAHAN BAKAR GREEN DIESEL DARI PIROLISIS MINYAK JELANTAH BERBANTUAN GELOMBANG MIKRO


Eko Purwanto, 5212416026 (2020) PRODUKSI DAN KARAKTERISASI BAHAN BAKAR GREEN DIESEL DARI PIROLISIS MINYAK JELANTAH BERBANTUAN GELOMBANG MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRODUKSI DAN KARAKTERISASI BAHAN BAKAR GREEN DIESEL DARI PIROLISIS MINYAK JELANTAH BERBANTUAN GELOMBANG MIKRO] PDF (PRODUKSI DAN KARAKTERISASI BAHAN BAKAR GREEN DIESEL DARI PIROLISIS MINYAK JELANTAH BERBANTUAN GELOMBANG MIKRO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perolehan minyak green diesel dari pirolisis bio-oil minyak jelantah dan meneliti sifat fisika yang terkandung dalam minyak green diesel dari destilasi bio-oil minyak jelantah berbasis microwave technology. Bahan baku yang digunakan adalah minyak jelantah. Sebelum digunakan minyak jelantah dilakukan proses pre-treatment. Bahan baku dikonversi menjadi bio-oil menggunakan proses pirolisis secara kontinyu dengan bantuan gelombang mikro. Proses pirolisis penelitian ini menggunakan iradiasi gelombang mikro dengan daya 900W dan sistem penyinaran gelombang mikro dikontrol pada temperatur 450⁰C. Laju pemasukan bahan baku sebesar 4ml/menit. Menggunakan gas nitrogen sebagai pendorong dari reaktor ke kondensor sebesar 0,2 Nl/menit. Bio-oil hasil proses pirolisis kemudian dilakukan proses destilasi. Proses destilasi dilakukan pada suhu 230⁰C untuk menghilangkan fraksi kerosene dan pada suhu 340⁰C untuk mendapatkan fraksi minyak green diesel. Minyak green diesel dari priolisis minyak jelantah dikarakterisasi menggunakan metode density, kinemtic viscosity, pH, flash point, pour point,nilai kalor dan cetane index. Hasil penelitian diketahui bahwa perolehan fraksi green diesel yaitu sebesar 16% dan 60% fraksi kerosene. Hasil karakterisasi minyak green diesel dari pirolisis minyak jelantah memiliki nilai berturut-turut (832,5 kg/m3; 2,620; 4.05; 54,5⁰C; -9⁰C; 41,1 MJ/kg dan 39,6 MJ/kg; 50,3). Hasil pengukuran menunjukkan nilai yang dihasilkan telah memenuhi SNI untuk bahan bakar jenis minyak diesel atau solar 48 (density, kinemtic viscosity, pH, flash point, pour point dan cetane index). Namun nilai kalor yang dihasilkan masih rendah dari solar, baik nilai kalor bruto (HHV) maupun nilai kalor bersih (LHV). Secara umum minyak green diesel yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pada mesin diesel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minyak jelantah, gelombang mikro, pirolisis, bio-oil, destilasi, green diesel,
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:51
Last Modified: 07 Sep 2021 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45589

Actions (login required)

View Item View Item