ANALISIS SISTEM PNEUMATIK SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN HYBRID RAMAH LINGKUNGAN


Rifqi Ijlal Taufiqi, 5212416022 (2020) ANALISIS SISTEM PNEUMATIK SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN HYBRID RAMAH LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SISTEM PNEUMATIK SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN HYBRID RAMAH LINGKUNGAN] PDF (ANALISIS SISTEM PNEUMATIK SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN HYBRID RAMAH LINGKUNGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya populasi manusia, meningkat juga kendaraan yang digunakan. Penggunanaan kendaraan dengan sumber daya minyak bumi menyebabkan efek yang tidak baik bagi manusia dan lingkungan. Inovasi kendaraan listrik cukup efektif, selain tidak menimbulkan polusi udara juga ramah lingkungan. Kendaraan listrik masih memiliki kekurangan dalam pengisian daya listrik yang cukup lama dan stasiun pengisian daya listrik di Indonesia masih sedikit. Memanfaatkan sumber daya udara menggunakan sistem pneumatik sebagai mesin penggerak kendaraan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan cara kerja konsep penggerak hybrid electric pneumatic, menganalisis daya dan torsi yang dibutuhkan kendaraan, dan menjelaskan desain rancangan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah perancangan Pahl and Beitz. Output dari penelitian ini yaitu desain rancangan yang sudah disesuaikan dengan analisis kebutuhan kendaraan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep penggerak menggunakan tipe hybrid paralel kompleks, motor pneumatic rotary tipe VS12C mampu dijadikan sebagai penggerak sekunder kendaraan hybrid electric pneumatic, Daya yang dibutuhkan motor pneumatic rotary untuk menggerakkan kendaraan hybrid electric pneumatic pada jalan mendatar adalah 5,4 kW dan torsi yang dibutuhkan motor pneumatic rotary untuk menggerakkan kendaraan di jalan mendatar adalah 9,7 Nm. Rancangan yang telah dibuat sudah dapat menggerakkan kendaraan dalam kondisi jalan mendatar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kendaraan hybrid, sistem pneumatik, daya, torsi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:48
Last Modified: 07 Sep 2021 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45588

Actions (login required)

View Item View Item