PRODUKSI DAN UJI PERFORMANSI MESIN PEMBUBUR KERTAS TIPE SCREW PADA BERBAGAI JENIS LIMBAH KERTAS


Mohamad Hasan Fatoni, 5212416017 (2020) PRODUKSI DAN UJI PERFORMANSI MESIN PEMBUBUR KERTAS TIPE SCREW PADA BERBAGAI JENIS LIMBAH KERTAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRODUKSI DAN UJI PERFORMANSI MESIN PEMBUBUR KERTAS TIPE SCREW PADA BERBAGAI JENIS LIMBAH KERTAS] PDF (PRODUKSI DAN UJI PERFORMANSI MESIN PEMBUBUR KERTAS TIPE SCREW PADA BERBAGAI JENIS LIMBAH KERTAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memproduksi mesin pembubur kertas dan menganalisis hasil pengujian performansi mesin bubur kertas dengan variasi jenis kertas dan lama waktu produksi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dimana pembuatan mesin menggunakan proses manufaktur sedangkan pengujian performansi mesin menggunakan metode eksperimen. Proses pembuatan mesin pembubur kertas menggunakan metode ekperimen, dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba performansi mesin bubur kertas dimana variabel bebas adalah jenis bahan kertas, dan waktu produksi, sedangkan variabel terikatnya adalah ukuran partikel, dan kapasitas produksi. Hasil uji performansi selanjutnya diamati menggunakan pemeriksaan makroscopik menggunakan aplikasi infinity analyze. Hasil penelitian ini mendapatkan prototype mesin pembuat bubur kertas kapasitas 960 liter/jam dengan spesifikasi: panjang 1,29 m; lebar 0.646 m; tinggi 1,119 m; daya 1,5 HP. Hasil pengujian kapasitas produksi bubur kertas pada variasi waktu 3 menit yaitu sebesar 60 kg/jam, sedangkan hasil pemeriksaan partikel makro didapatkan ukuran partikel besar lebih dari 1 mm hanya terdapat pada beberapa titik (minor) yang mungkin disebabkan dari bubur kertas yang terlempar ke dinding atas tabung sehingga tidak terproses.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mesin pembubur kertas, uji performansi, makroskopik.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:41
Last Modified: 07 Sep 2021 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45586

Actions (login required)

View Item View Item