PERANCANGAN MESIN VERTIKAL KRISTALISATOR KAPASITAS 15 KG/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT


Novian Dwi Prasetyo, 5212416008 (2020) PERANCANGAN MESIN VERTIKAL KRISTALISATOR KAPASITAS 15 KG/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN MESIN VERTIKAL KRISTALISATOR KAPASITAS 15 KG/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT] PDF (PERANCANGAN MESIN VERTIKAL KRISTALISATOR KAPASITAS 15 KG/JAM MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah yang melimpah. Rempahrempah sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti untuk bumbu makanan dan obat-obatan. Industri kecil seperti UMKM juga mengolah dan membuat minuman kesehatan serbuk tersebut dalam kemasan. Beberapa UMKM masih menggunakan metode tradisional dalam proses pembuatan kristal atau serbuk. Hal tersebut mengakibatkan proses produksi memakan waktu yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan konsep-konsep mesin kristalisator, menghasilkan desain mesin kristalisator sesuai dengan permintaan pelanggan, menghasilkan rancangan mock up mesin kristalisator. Metode perancangan yang digunakan adalah Pahl & Beitz dan QFD untuk menentukan spesifikasi teknis dihasilkan dengan metode QFD. Metode perancangan QFD digunakan untuk menentukan spesifikasi teknis yang diinginkan oleh pengguna. Metode perancangan Pahl & Beitz digunakan untuk proses embodiment design, menampilkan gambar kerja dan bill of material. Rancangan konsep mesin kristalisator mempunyai tiga pengaduk yang mana salah satu pengaduk berada dibagian permukaan bawah tabung dan dua pengaduk lainya berada dibagian samping tabung dengan sudut yang berbeda, menggunakan sistem transmisi gearbox dan sistem penggerak motor listrik, dilengkapi dengan roda supaya memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, penuangan larutan melalui tabung bagian atas, pengambilan hasil serbuk menggunakan alat bantu yang berstandard foodgrade. Proses pemasangan komponen-komponen mesin kristalisator cukup mudah dikarenakan tidak memerlukan alat bantu khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perancangan, mesin kristalisator, pahl & beitz, QFD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:29
Last Modified: 07 Sep 2021 00:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45582

Actions (login required)

View Item View Item