Variasi Morfologi dari Tupaia di Sumatra, Jawa dan Kalimantan


MEYTRI RATNASARI, 4411416051 (2020) Variasi Morfologi dari Tupaia di Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Variasi Morfologi dari Tupaia di Sumatra, Jawa dan Kalimantan] PDF (Variasi Morfologi dari Tupaia di Sumatra, Jawa dan Kalimantan) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa studi telah dilakukan oleh beberapa peneliti terhadap Tupaia yang ada di wilayah Indonesia. Mengingat distribusi geografis yang luas, kelimpahan dan kemampuan untuk berkembang dalam berbagai lingkungan, tupai memberikan model yang baik untuk menyelidiki efek dari faktor lingkungan pada ukuran dan variasi bentuk pada mamalia kecil. Studi penelitian ini bertujuan menganalisis variasi morfologi dan menganalisis hubungan kekerabatan genus Treeshrew Tupaia dari Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Spesimen yang diteliti adalah spesimen Tupaia berasal dari Sumatra, Jawa dan Kalimantan yang merupakan koleksi dari Laboratorium Biosistematika Mamalia, LIPI. Metode penelitian dilakukan dengan mengukur cranium Tupaia dan morfologi luar tubuh Tupaia menggunakan jangka sorong. Analisis data menggunakan PCA untuk variasi morfometri dan UPGMA untuk hubungan kekerabatan menggunakan aplikasi PAST3. Hasil penelitian menunjukan variasi morfologi luar tubuh Tupaia menghasilkan tiga komponen baru dimana karakter yang paling berpengaruh terdapat pada PC1 yakni panjang telinga (E). Sementara pada analisis variasi morfometri cranium Tupaia menghasilkan 25 komponen baru dimana hanya tiga PC memiliki nilai eigenvalue yang memenuhi syarat, dimana pada PC1 karakter yang paling berpengaruh ialah MdL. Pada grafik scatter plot juga telah menunjukan bahwa spesies mengelompok pada jenisnya masing-masing. Hal ini menandakan bahwa semakin memisah grafik scatter plot antar spesies maka semakin banyak pula variasi morfologinya. Analisis kekerabatan menunjukan bahwa Tupaia dipengaruhi oleh distribusi, habitat dan sejarah terbentuknya pulau di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: morfometri, morfologi, filogeni, Asia Selatan, treeshrew, Tupaia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:51
Last Modified: 06 Sep 2021 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45580

Actions (login required)

View Item View Item