(ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL KAWASAN FIP, FIS, FH, DAN FE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Surya Arifin , 5101406021 (2011) (ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL KAWASAN FIP, FIS, FH, DAN FE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL KAWASAN FIP, FIS, FH, DAN FE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL KAWASAN FIP, FIS, FH, DAN FE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (69kB) | Preview

Abstract

Ruang Parkir, FIP, FIS, FH, dan FE, Mobil. Aktivitas utama Universitas Negeri Semarang adalah pendidikan. Dalam aktivitas tersebut baik mahasiswa, dosen, atau pegawai lainnya saat ini sebagian besar dalam menjalankan aktivitasnya menggunakan kendaraan. Dengan penggunaan kendaraan dalam beraktivitas di lingkungan Universitas Negeri Semarang secara tidak langsung dibutuhkan area parkir kendaraan untuk memarkir kendaraan. Permasalahan yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut yaitu pada saat aktivitas puncak yang membuat jumlah kendaraan bertambah banyak. Untuk itu perlu diketahui seberapa besar kebutuhan ruang parkirnya dan dengan kapasitas yang ada apakah dapat menampungnya. Dengan permasalahan yang ada skripsi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kebutuhan ruang parkir mobil dan memberikan solusi tentang perparkiran mobil di dalam kampus yang efektif dalam pemanfatan tata ruang. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian ini memakai metode Satuan Ruang Parkir dari Ditjen Perhubungan Darat 1996, pendekatan rumus Z dan menghitung akumulasi maksimum. Data yang didapat dari hasil survai dimasukkan dalam tabel, dan dengan menggunakan program komputer, data tersebut diolah dengan cara mencocokkan nomor polisi kendaraan yang masuk dengan nomor polisi kendaraan yang keluar sehingga diperoleh jumlah kendaraan yang masuk dan keluar kawasan parkir serta lama kendaraan parkir, yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir. Kebutuhan ruang parkir mobil secara teori menggunakan metode Ditjen Perhubungan Darat 1996 adalah 205 SRP dan pendekatan rumus Z adalah 41 SRP. Secara aktual yaitu dengan menghitung akumulasi maksimum yang terjadi, kebutuhan ruang parkir mobil adalah 73 SRP. Sedangkan kapasitas aktual yang ada sebesar 98 SRP. Nilai kebutuhan ruang parkir ditetapkan berdasarkan akumulasi maksimum, yaitu 73 SRP. Dengan kebutuhan sebesar 73 SRP masih dapat dilayani dengan kapasitas aktual 98 SRP. Namun, untuk tahun-tahun berikutnya yaitu pada tahun 2018 kebutuhan ruang parkir mencapai 101 SRP. Dengan kapasitas tersebut sudah tidak dapat memenuhi. Pemecahan masalah tersebut ada dua alternatif yaitu dilakukan penambahan kekurangannya atau ruang parkir aktual dihilangkan dan diganti dengan ruang parkir baru yang terpusat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Satuan Ruang Parkir (SRP), Kebutuhan Ruang Parkir, Kapasitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2011 04:52
Last Modified: 24 Sep 2011 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4558

Actions (login required)

View Item View Item