KESESUAIAN HABITAT RUSA TIMOR DI PT. TAMAN SATWA SEMARANG


Irma Nurhayati, 4411414015 (2021) KESESUAIAN HABITAT RUSA TIMOR DI PT. TAMAN SATWA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESESUAIAN HABITAT RUSA TIMOR DI PT. TAMAN SATWA SEMARANG] PDF (KESESUAIAN HABITAT RUSA TIMOR DI PT. TAMAN SATWA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rusa timor (Cervus timorensis) merupakan salah satu satwa endemik di Indonesia yang persebaran alaminya terdapat di Pulau Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Rusa timor mengalami penurunan populasi akibat hilangnya habitat, degradasi habitat, dan perburuan yang menyebabkan statusnya rentan (vulnerable). Rusa timor dikonservasi secara ex-situ di Lembaga Konservasi PT. Taman Satwa Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji kesesuaian habitat dan manajemen tingkat kesejahteraan rusa timor di PT. Taman Satwa Semarang. Penelitian menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan metode perbandingan evaluatif dengan indikator kesesuaian habitat dan tingkat kesejahteraan satwa menurut syarat penangkaran rusa, penelitian pendahulu dan Peraturan Dirjen PHKA Nomor: P. 6/IV-SET/2011. Hasil penelitian kesesuaian habitat rusa timor dilihat dari kondisi habitat, reproduksi dan tingkat kesejahteraan satwa. Rendahnya angka kelahiran rusa timor di PT. Taman Satwa Semarang diduga akibat kurangnya jumlah pakan, sex-ratio dan tidak adanya manajemen perkawinan. Tingkat kesejahteraan satwa di PT. Taman Satwa Semarang dikategorikan cukup baik, dikarenakan masih terdapat komponen kesejahteraan satwa yang perlu diperbaiki pengelola khususnya komponen bebas dari rasa haus dan lapar serta bebas dari rasa takut dan tertekan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rusa timor (Cervus timorensis), konservasi ex-situ, kesesuaian habitat dan PT. Taman Satwa Semarang.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:40
Last Modified: 06 Sep 2021 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45576

Actions (login required)

View Item View Item