PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS RISET SEBAGAI SUPLEMEN MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS


Nahirotul Azizah, 4401416060 (2021) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS RISET SEBAGAI SUPLEMEN MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS RISET SEBAGAI SUPLEMEN MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS] PDF (PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS RISET SEBAGAI SUPLEMEN MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kemampuan analisis bagi peserta didik. Kemampuan analisis dikategorikan sebagai kemampuan tingkat tinggi yang mengharuskan peserta didik berpikir secara menyeluruh, sebagai dasar berpikir kritis dan kreatif. Kemampuan analisis menjadi salah satu kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik pada materi bioteknologi SMA sesuai KD 3.10. Berdasarkan hasil UN di Puspendik tahun 2017, 2018 dan 2019 daya serap peserta didik SMA N 13 Semarang pada materi bioteknologi terbilang rendah. Bahan ajar yang digunakan di sekolah tersebut belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Metode pembelajaran bioteknologi dilakukan dengan ceramah dan diskusi tanpa praktikum penerapan prinsip bioteknologi. KD materi tersebut belum tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-booklet berbasis riset sebagai suplemen bioteknologi disertai perangkat pembelajaran sebagai upaya yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pengambilan data penelitian menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian validasi (materi, media dan perangkat pembelajaran), form uji rumpang, angket tanggapan peserta didik dan guru. Validasi desain dilakukan oleh ahli media dan materi. Sedangkan, validasi perangkat pembelajaran oleh dosen ahli dan guru. Revisi desain produk dan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian, kritik dan saran dari para ahli. Produk diuji cobakan kepada 10 peserta didik kelas XII MIPA 4 dengan tingkat kemampuan berbeda melalui form uji rumpang dan angket tanggapan peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi dan media terhadap e-booklet menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata 92,77% dan 93,4%. Uji coba terhadap peserta didik pada uji rumpang mendapatkan persentase rata-rata 96,33% dengan kriteria tinggi. Sedangkan, tanggapan peserta didik dan guru terhadap ebooklet mendapatkan persentase rata-rata 91,25 % dan 97,22% dengan kriteria sangat layak. Penilaian validasi seluruh perangkat pembelajaran mendapatkan kriteria sangat valid, meliputi silabus, RPP, LKPD, dan soal evaluasi dengan persentase rata-rata secara berturut-turut 87,76%; 90,04%; 92,01%; dan 93,17%. Kemampuan analisis peserta didik diharapkan dapat meningkat dengan pembelajaran menggunakan supleme e-booklet dengan mengacu pada perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-booklet berbasis riset, suplemen materi bioteknologi, kemampuan analisis
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:36
Last Modified: 06 Sep 2021 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45574

Actions (login required)

View Item View Item