ANALISIS PERILAKU SEHAT PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II YANG MENGALAMI GANGGREN DI PUSKESMAS HALMAHERA


Nur Aini Anisa, 6411416050 (2020) ANALISIS PERILAKU SEHAT PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II YANG MENGALAMI GANGGREN DI PUSKESMAS HALMAHERA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERILAKU SEHAT PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II YANG MENGALAMI GANGGREN DI PUSKESMAS HALMAHERA] PDF (ANALISIS PERILAKU SEHAT PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II YANG MENGALAMI GANGGREN DI PUSKESMAS HALMAHERA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan gangguan penyakit metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Kasus DM Tipe II berapa pada posisi ke-5 dalam 10 besar pola penyakit yang ada di puskesmas Kota Semarang. Di Puskesmas Halmahera terdapat 122 orang, dengan 3 orang pasien DM Tipe II yang mengalami luka ganggren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sehat pasien DM Tipe II setelah mengalami komplikasi ganggren dalam melakukan perawatan untuk mencegah keparahan. Jenis rancangan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling yaitu pasien DM Tipe II yang ada di Prolanis Puskesmas Halmahera Kota Semarang yang mengalami ganggren. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Miles dan Huberment. Hasil penelitian menunjukkan hanya sebagian kecil dari pasien DM Tipe II dengan ganggren di Puskemas Halmahera yang dapat menerapkan dan mempertahankan perilaku sehat sampai tahap terminasi. Saran pada penelitian ini adalah meningkatkan upaya kedisiplinan berperilaku sehat,bagi keluarga pasien dapat meningkatkan dukungan dan pengawasan pada pasien dan bagi Puskemas Halamahera dapat menambah waktu pelaksanaan prolanis serta meningkatkan pemberian edukasi kepada pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diabetes melitus, Ganggren, Perilaku Sehat
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:49
Last Modified: 06 Sep 2021 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45573

Actions (login required)

View Item View Item