RANCANG BANGUN SISTEM CYCLONE HEAT EXCHANGER PADA GASIFIKASI DOWNDRAFT


Ahmad Asrul Ardani, 5212416004 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM CYCLONE HEAT EXCHANGER PADA GASIFIKASI DOWNDRAFT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM CYCLONE HEAT EXCHANGER PADA GASIFIKASI DOWNDRAFT] PDF (RANCANG BANGUN SISTEM CYCLONE HEAT EXCHANGER PADA GASIFIKASI DOWNDRAFT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gasifikasi merupakan suatu proses. konversi bahan. bakar, padat, menjadi. gas mampu. bakar. melalui. proses, pembakaran, dengan, suplai, udara, sedikit (20%-40% udara stoikiometri) pada temperatur 200°C-600°C. Permasalahan dari alat gasifikasi pellet kayu yang pernah dibuat adalah proses pembersihan partikel pengotor yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar dalam gasifier. Metode Perry adalah salah satu metode perancangan untuk membuat cyclone he. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun cyclone he dan juga mengetahui efisiensi aktual kinerja siklon sebagai alat separasi partikel pada gasifikasi pellet kayu. Menggambar geometri cyclone he menggunakan software inventor. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen untuk mengetahui kinerja cyclone he pada proses gasifikasi dan efisiensi secara aktual alat siklon. Dari hasil eksperimen kinerja cyclone he pada sistem gasifikasi dapat menseparasi partikel pengotor dan mengondensasi tar sebanyak 0,52963 kg dalam kurun waktu 25 menit pada saat nilai LMTD tertinggi. Sedangkan dari eksperimen efisiensi aktual alat siklon mencapai 60 %. Hal ini disebabkan terdapat faktor yang dapat mempengaruhi kinerja siklon salah satunya kecepatan masuk, bahan baku alat. Saran yang perlu diperhatikan meliputi bahan yang digunakan untuk pembuatan alat, perlu melihat beberapa faktor yang dapat mempegaruhi kinerja alat, dan perlunya dibandingkan dengan menggunakan metode lain untuk mendpatkan sebuah siklon dengan kinerja lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rancang Bangun, Gasifikasi, Cyclone Heat Exchanger, Metode Perry
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:42
Last Modified: 06 Sep 2021 05:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45566

Actions (login required)

View Item View Item