PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUB HEAD GOLF TIPE PUTTER MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR DAN ANSYS 2020


Achmad Fa’iq Ilham Nurman Jaya, 5212416002 (2020) PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUB HEAD GOLF TIPE PUTTER MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR DAN ANSYS 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUB HEAD GOLF TIPE PUTTER MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR DAN ANSYS 2020] PDF (PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUB HEAD GOLF TIPE PUTTER MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR DAN ANSYS 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Putter golf merupakan jenis club head golf yang digunakan pada akhir permainan atau final step, putter digunakan pada area green zone (zona hijau) dengan jarak pukulan ±10 m, club head putter yang sudah ada tergolong mahal dan harus impor dari luar negeri sehingga perlu adanya pengembangan untuk pembuatan putter agar golf di Indonesia bisa dimainkan pada semua kalangan masyarakat. Tujuan dari perancangan ini untuk mengetahui kesesuaian standar desain yang dibuat, untuk mengetahui hasil analisis tegangan von mises, dan hasil nilai deformasi dari analisis. Proses perancangan club head putter menggunakan metode perancangan French dan melakukan analisis tegangan von mises dengan software ansys 2020, dari metode yang digunakan akan menghasilkan hasil akhir berupa rancangan produk terbaik dengan kriteria-kriteria yang ada. Perancangan ini dibuat dengan menggunakan 3 variasi desain dengan menggunakan 3 material aluminium 6061, stainless steel 304, dan titanium Ti-6Al-4V. Perancangan club head putter menghasilkan kesesuaian standar desain yang dibuat, nilai tegangan von mises, nilai deformasi, dan safety factor dari variasi desain dan material yang digunakan. Hasil dari evaluasi pemilihan produk dari variasi desain dan material yang digunakan didapat produk terbaik dari desain Putter A dengan material aluminium 6061 dengan kriteria hasil tegangan von mises yang tinggi yaitu 9,8271 MPa, desain yang dibuat menghasilkan dimensi;massa;dan centre of gravity yang sesuai standar USGA dan U.S Patent, dan nilai deformasi yang dihasilkan sebesar 0,0116 mm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, club head putter, metode perancangan French, ansys 2020.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:39
Last Modified: 06 Sep 2021 05:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45565

Actions (login required)

View Item View Item