PROSES PRODUKSI DAN PENGUJIAN RISER PANAH RECURVE BOW


Syahwal Fajar, 5212415032 (2020) PROSES PRODUKSI DAN PENGUJIAN RISER PANAH RECURVE BOW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PRODUKSI DAN PENGUJIAN RISER PANAH RECURVE BOW] PDF (PROSES PRODUKSI DAN PENGUJIAN RISER PANAH RECURVE BOW) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Panah merupakan senjata proyektil yang berguna untuk menembakan anak panah ke sasaran. Panah memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu panah jenis recurve bow yang digunakan pada kompetisi. Komponen utama panah recurve bow adalah riser, limb dan stabiliser. Riser merupakan pegangan/ jantung pada panah recurve bow. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses produksi dengan metode pengecoran logam non-permanen dan pengujian produk riser. Riser yang menjadi acuan untuk proses produksi yaitu produk yang pernah dibuat oleh mahasiswa sebelumnya untuk recurve bow dengan menggunakan metode pengecoran logam permanen untuk proses pembuatannya. Penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dimana metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Proses pembuatan riser dilakukan dengan menggunakan metode pengecoran logam non-permanen. Pengujian yang dilakukan yaitu uji pembebanan dan uji kelengkungan. Sebelum melakukan pengujian produk, riser harus diteliti untuk mengetahui ada cacat produk atau tidak. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa kekuatan pembebanan pada setiap produk memiliki hasil mulai produk I 0,36 mm, produk II 0,40 mm dan produk III 0,23 mm. Hasil yang didapat menunjukan perbedaan karena setiap produk hasil coran memiliki bentuk berbeda. Sedangkan uji kelengkungan memiliki hasil mulai produk I 0,59 mm, produk II 0,34 dan produk III 0,28. Setiap produk memiliki hasil yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dari pembuatan cetakan dan saat proses pengecoran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panah, riser, recurve bow, pengecoran logam non-permanen, uji pembebanan, uji kelengkungan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:31
Last Modified: 06 Sep 2021 05:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45563

Actions (login required)

View Item View Item