FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEKERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (Studi Kasus di Unit Pengantongan Pupuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang)


Ainun Naim, 6411416040 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEKERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (Studi Kasus di Unit Pengantongan Pupuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEKERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (Studi Kasus di Unit Pengantongan Pupuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang)] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEKERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG (Studi Kasus di Unit Pengantongan Pupuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang)) - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Pekerjaan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sepenuhnya dilakukan oleh TKBM. Pekerjaan bongkar muat termasuk aktivitas pekerjaan berat dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi terutama pada pemuatan manual. Salah satu Divisi yang berisiko tinggi kecelakaan yakni Divisi UPP. Kasus kecelakaan kerja di Divisi UPP dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, pada tahun 2017 terjadi 7 kasus, tahun 2018 terjadi 8 kasus, hingga bulan September 2019 telah terjadi 6 kasus kecelakaan kerja. Hasil survei kecelakaan pekerja disebabkan oleh perilaku tidak aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku pekerja. Jenis penelitian ini. adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode simple random sampling yaitu sejumlah 60 pekerja, instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan kuesioner. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2020. Hasil uji statistik uji Chi-square menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan perilaku pekerja adalah usia (p=0,039), pengetahuan (p=0,041), sikap (p=0,006), kelelahan kerja (p=0,028). Tidak terdapat hubungan antara masa kerja (p=0,517), tingkat pendidikan (p=0,438), stres kerja (p=0,896) dan manual material handling (p=0,493) dengan perilaku pekerja. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara usia, pengetahuan, sikap, kelelahan kerja dengan perilaku pekerja, tidak terdapat hubungan antara masa kerja, tingkat pendidikan, stres kerja, manual material handling dengan perilaku pekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pekerja, TKBM, Kecelakaan kerja
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:58
Last Modified: 06 Sep 2021 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45552

Actions (login required)

View Item View Item