RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PADA WOOD DRYING KILN


Angga Algofiki, 5212414047 (2020) RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PADA WOOD DRYING KILN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PADA WOOD DRYING KILN] PDF (RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PADA WOOD DRYING KILN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang rancang bangun sistem kontrol pada wood drying kiln. Penelitian ini dilakukan karena sistem oven kayu yang ada, masih menggunakan cara tradisional tanpa adanya sistem pengatur suhu dan kelembaban ruang oven dan tanpa adanya sistem proteksi kebakaran. Sistem oven kayu yang dirancang menggunakan komponen-komponen sederhana, sehingga mudah untuk perawatan dan pengoperasiannya. Sistem kontrol oven kayu yang dibuat, dapat mengatur suhu dan kelembaban di dalam ruangan oven. Temperature controller akan mengatur kerja heater, intake fan, dan exhaust fan, sedangkan humidity controller akan mengatur jalannya exhaust fan. Proses pengujian menggunakan spesimen kayu sengon dengan ukuran 5 cm x 7 cm x 50 cm dengan tingkat moisture content 51%, suhu dan kelembaban di dalam ruang oven diatur pada 70ºC dan 25%. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa dalam waktu 180 menit alat bekerja, moisture content spesimen kayu sengon turun menjadi 12%. Dapat disimpulkan bahwa sistem kontrol oven kayu yang dibuat, dapat bekerja secara baik dalam mengontrol suhu dan kelembaban di dalam ruang oven. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: sistem kontrol, oven kayu, moisture content, temperature, dan humidity
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:05
Last Modified: 06 Sep 2021 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45545

Actions (login required)

View Item View Item