PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN SPRAY GUN MERK MEIJI DAN KENTARO TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN DENGAN TIPE CAT SOLID


Meda Idra Muhammad, 5202416077 (2021) PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN SPRAY GUN MERK MEIJI DAN KENTARO TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN DENGAN TIPE CAT SOLID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN SPRAY GUN MERK MEIJI DAN KENTARO TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN DENGAN TIPE CAT SOLID] PDF (PENGARUH JARAK PENYEMPROTAN SPRAY GUN MERK MEIJI DAN KENTARO TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN DENGAN TIPE CAT SOLID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui seberapa besar pengaruh jarak penyemprotan menggunakan Spray Gun merk Meiji dan Kentaro terhadap hasil pengecatan dan cat solid merk Blinken terhadap kekilapan dan kualitas hasil pengecatan. Cat yang digunakan jenis polyurethane merk Blinken dengan thinner yang sejenis. Variasi jarak penyemprotan 10 cm, 14 cm, 18 cm, 22 cm dan di uji kekilapan menggunakan glossmeter. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa jarak penyemprotan berpengaruh terhadap hasil pengecatan. Spray Gun berpengaruh tehadap kualitas pengecatan. Spray Gun merk Meiji pengkabutan cat lebih halus dibandingkan Spray Gun merk Kentaro maka Spray Gun Meiji mampu menghasilkan daya kilap terbaik. Berdasarkan pengujian kekilapan cat solid merk Blinken memiliki daya kilap dan kualitas hasil pengecatan cukup baik. Kekilapan terbaik menggunakan Spray Gun Meiji pada jarak penyemprotan 22 cm dengan hasil kekilapan 71.4 Gloss Unit. Spray Gun merk Kentaro mampu menghasilkan kekilapan terbaik pada jarak penyemprotan 18 cm dengan hasil kekilapan 64.3 Gloss Unit. Jarak penyemprotan yang terlalu dekat dapat menimbulkan lelehan (runs) dan apabila jarak penyemprotan telalu jauh mengakibatkan lapisan cat yang menempel pada panel menjadi berbintik dan kasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spray Gun, Cat, Jarak Penyemprotan, Glossmeter
Subjects: L Education > Special Education > Education technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:26
Last Modified: 06 Sep 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45536

Actions (login required)

View Item View Item