PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTRUKSI RODA DAN BAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 1 TENGARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Deka Rohmana, 5202416063 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTRUKSI RODA DAN BAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 1 TENGARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTRUKSI RODA DAN BAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 1 TENGARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTRUKSI RODA DAN BAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 1 TENGARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis aplikasi android di sekolah dapat membantu guru saat penyampaian materi kontruksi roda dan ban, selain itu siswa akan lebih termotivasi dan tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas, dan siswa bisa belajar mandiri menggunakan aplikasi android yang sudah terinstall di handpone siswa tersebut. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran kontruksi roda dan ban berbasis aplikasi android pada materi kontruksi roda dan ban untuk meningkatkan hasil belajar siswa.(2)Mengetahui hasil belajar siswa sesudah dan sebelum menggunakan media pembelajaran kontruksi roda dan ban berbasis aplikasi android pada materi kontruksi roda dan ban. (3) Mengetahui tanggapan siswa setelah menggunakan media pembelajaran kontruksi roda dan ban berbasis aplikasi android pada materi kontruksi roda dan ban. Kelayakan media pembelajaran dan tanggapan siswa terhadap media yang dikembangkan Berdasarkan hasil penelitian peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 18,89. Uji-t nilai thitung (6,00) > ttabel (2,045). Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain 0,44 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 83% untuk ahli media dan 85% untuk ahli materi, sehingga media pembelajaran berbasis aplikasi android memenuhi kategori sangat layak. Analisis tanggapan siswa memperoleh sebesar 76% termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Kontruksi Roda Dan Ban ; Aplikasi Android
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Education technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:19
Last Modified: 06 Sep 2021 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45534

Actions (login required)

View Item View Item