PENGARUH RASIO THINNER DENGAN CAT TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN MENGGUNAKAN PENGERINGAN OVEN


Rinto Harahap, 5202416058 (2021) PENGARUH RASIO THINNER DENGAN CAT TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN MENGGUNAKAN PENGERINGAN OVEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH RASIO THINNER DENGAN CAT TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN MENGGUNAKAN PENGERINGAN OVEN] PDF (PENGARUH RASIO THINNER DENGAN CAT TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN MENGGUNAKAN PENGERINGAN OVEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rasio campuran thinner dan cat berpengaruh terhadap hasil pengecatan. Proses pengeringan menggunankan oven didalam spray booth (ruang pengecatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio thinner dengan cat terhadap kualitas hasil pengecatan daya kilap dan kekerasan. Metode yang digunakan adalah eksperimental. Cat yang digunakan pada penelitian cat Nippe 2000 (NP) dan cat Danagloss (DN) dengan thinner PU digunakan untuk mengetahui kekilapan dan kekerasan . Suhu yang digunakan pada oven didalam spray booth 60º C. Rasio yang digunakan 0,25 : 1, 0,75 : 1 dan 1,25 : 1 untuk uji kekilapan menggunakan gloss meter dan uji kekerasan menggunakan Vickers Hardness Tester. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian ditampilkan dalam tabel dan grafik, selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa rasio campuran thinner dan cat berpengaruh terhadap hasil pengecatan dan proses pengeringan menggunakan oven. Kekilapan terbaik pada cat NP pada rasio 1,25 : 1 dengan hasil kekilapan 59,75 GU. Cat DN kekilapan terbaik pada rasio 1,25 : 1 dengan hasil kekilapan 89,2 GU. Hasil untuk kekerasan pada cat NP yang terbaik pada rasio 1:25 : 1 sebesar 25,76 HV, dan pada cat DN pada rasio 1,25 : 1 sebesar 25,76 HV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cat, Rasio campuran, Oven, Glossmeter, Vickers Hardness Tester
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:16
Last Modified: 06 Sep 2021 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45533

Actions (login required)

View Item View Item