ANALISIS SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN DI AREA TANGKI TIMBUN PT. PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG


Dewi Rahma Putri, 6411416020 (2020) ANALISIS SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN DI AREA TANGKI TIMBUN PT. PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN DI AREA TANGKI TIMBUN PT. PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG] PDF (ANALISIS SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN DI AREA TANGKI TIMBUN PT. PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dewi Rahma Putri Analisis Sistem Proteksi Kebakaran di Area Tangki Timbun PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Semarang XVII + 326 halaman + 17 tabel + 43 gambar + 16 lampiran PT. Pertamina (Persero) Integrated Terminal Semarang termasuk dalam potensi bahaya kebakaran berat. Sistem proteksi kebakaran sangat diperlukan untuk mencegah dampak buruk kebakaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kesesuaian penerapan sistem proteksi kebakaran di area tangki timbun berdasarkan NFPA, SNI dan PERMEN PU No.26/PRT/M/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasional. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar studi dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari Senior Supervisor HSSE, Supervisor Fire and Safety, dan Fireman. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan dari 109 poin yang dibahas, didapat persentase kesesuaian sebesar 87,16% (95 poin) terpenuhi dan sesuai dengan standar/peraturan. Sebesar 5,50% (6 poin) terpenuhi oleh perusahaan namun belum sesuai dengan standar/peraturan. Sedangkan 7,34% (8 poin) tidak terpenuhi oleh perusahaan. Simpulan dari penelitian ini yaitu dari 10 sistem proteksi kebakaran yang diteliti persentase kesesuaian tertinggi sebesar 100% terdapat pada fire monitor, hidran, kendaraan pemadam kebakaran dan pengaturan jarak aman (spacing) sedangkan persentase kesesuaian terendah sebesar 58,33% terdapat pada akses dan pasokan air pemadam kebakaran. Saran penelitian ini adalah untuk melengkapi kekurangan dan memperbaiki sistem proteksi yang belum sesuai dengan standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Proteksi, Kebakaran, Tangki Timbun
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:12
Last Modified: 06 Sep 2021 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45531

Actions (login required)

View Item View Item