PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019


SULIS SETIYAWATI, 6101416009 (2020) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019] PDF (PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TINGKAT SMA/SMK DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan diwaktu tertentu dan terprogram secara kurikulum diluar jam pelajaran tatap muka. Kegiatan ini bertujuan untuk menampung dan menyalurkan bakat serta potensi peserta didik. Selain itu, ekstrakurikuler juga memberikan peluang bagi peserta didik untuk meraih prestasi. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat tingkat SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga tahun 2019 (2) mengetahui hambatan saat pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat tingkat SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga tahun 2019. (2) Mengenal lebih dalam apa saja faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data melalui reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing/ Verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat tingkat SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga sudah berjalan dengan baik dan lancar. Kelancaran kegiatan meliputi: materi dapat tersampaikan, program latihan berjalan dengan baik, prestasi, kedisiplinan pelatih dan antusias peserta didik. (2) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat tingkat SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga tahun 2019 yaitu sarana dan prasarana, waktu, cuaca, dan antusias peserta didik. Simpulan penelitian yaitu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SMA/SMK di Kabupaten Purbalingga sudah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan awal, walaupun masih ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan tetapi tidak menjadi penghalang dalam pelaksanaan. Saran peneliti adalah pihak sekolah bisa lebih memperhatikan kebutuhan dari ekstrakurikuler pencak silat terutama pada sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Ekstrakurikuler, Pencak Silat
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:46
Last Modified: 06 Sep 2021 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45528

Actions (login required)

View Item View Item