FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN DI AGRO WISATA TIRTO ARUM BARU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020


Muamar Muslim, 6101416005 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN DI AGRO WISATA TIRTO ARUM BARU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN DI AGRO WISATA TIRTO ARUM BARU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN DI AGRO WISATA TIRTO ARUM BARU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Agro Wisata Tirto Arum Kabupaten Kendal ini sangat menarik para wisatawan untuk mengunjunginya, karena terbilang menyenangkan dan dapat menikmati wahana wisata, kuliner, hotel dan event yang telah di sediakan oleh pengelola. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimanakah faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan di agro wisata Tirto Arum Baru kabupaten Kendal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan di agro wisata Tirto Arum Baru kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah kombinasi atau lebih dikenal dengan mixed method, yaitu gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal. Sasaran penelitian ini adalah pengelola, karyawan dan pengunjung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa, 1) Ciri khas lingkungan pada Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal memiliki keunikan yang menjadi magnet dan menyebabkan orang tertarik untuk mengunjungi daerah tersebut dan berpengaruh terhadap pengunjung, 2) Fasilitas atau sarana pendukung pada Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal sudah lengkap dan mendukung dan berpengaruh terhadap pengunjung, 3) Pelayanan pada Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal merupakan salah satu faktor penyebab bertambahnya kunjungan wisatawan dan berpengaruh terhadap pengunjung, dan 4) Sosial ekonomi masyarakat dipengaruhi oleh tempat atau lokasi yang dekat dengan perkantoran dan berpengaruh terhadap pengunjung. Simpulan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan di Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal Tahun 2020 memang mempengaruhi kunjungan wisatawan, hanya saja ada faktor penghambat yaitu Covid-19 menyerang industri pariwisata Indonesia khususnya pada Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal. Saran dalam penelitian ini yaitu untuk mempertahankan jumlah pengunjung, ciri khas lingkungan yang ada pada Agro Wisata Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal tetap dijaga jangan sampai merusak keunikan yang ada karena ini merupakan daya tarik tersendiri bagi objek wisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Mempengaruhi, Pengunjung.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:41
Last Modified: 06 Sep 2021 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45523

Actions (login required)

View Item View Item